600 PAUD Diharapkan Segera Bertransformasi Menjadi PAUD HI

Pendidikan190 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Setelah melakukan road show di beberapa Kecamatan untuk mensosialisasikan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif  (PAUD HI) dan melaunching Kegiatan Sabtu Budaya PAUD, Rabu (28/9) Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa kembali melaksanakan kegiatan yang sama di Raudhatul Athfal Bustanul Jannah Kecamatan Sumbawa.

Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa, Ny. Sovia Noviantry Rayes Mahmud Abdullah menyebutkan, Pendidikan Anak Usia Dini yang berada pada golden age (usia emas) harus benar-benar ditangani dengan sinergitas yang tinggi, salah satunya melalui pengembangan PAUD HI.

Menurutnya, PAUD HI meliputi 4 jenis layanan penting, ditandai dengan terjaminnya layanan kesehatan dan gizi/nutrisi, layanan pendidikan, layanan pengasuhan dan layanan perlindungan anak secara menyuluruh dan terintegrasi. Disebutkan, sekitar 600 satuan pendidikan PAUD di Kabupaten Sumbawa diharapkan segera bertransformasi menjadi PAUD HI.

Bunda PAUD juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada keluarga besar TK/RA dan PAUD Se-Kabupaten Sumbawa yang telah menindaklanjuti ikhtiar Pemerintah Daerah untuk penguatan pendidikan karakter dan praktik baik di lingkungan sekolah melalui kegiatan Sabtu Budaya. “Saya sangat menyambut baik program Sabtu Budaya ini sebagai ajang untuk membudayakan praktik-praktik baik di lingkungan sekolah, menumbuhkan kreativitas, mengembangkan budaya dan kearifan lokal, serta menguatkan karakter siswa di era globalisasi yang penuh tantangan dewasa ini. Saya berharap, ikhtiar ini terus didukung oleh semua pihak termasuk para orang tua dan masyarakat,” pintanya.

Menurutnya, upaya tersebut juga dalam rangka mendukung kebijakan yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, yakni menggalakkan implementasi pendidikan karakter pada semua jenjang pendidikan, sebagaimana diamanahkan dalam Peraturan Bupati Sumbawa Nomor 33 Tahun 2021 tentang Pendidikan Karakter. Regulasi ini lanjutnya, telah mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat karena berbasis nilai-nilai luhur budaya daerah Sumbawa, yakni : “Takit ko Nene Kangila Boat Lenge” (Takut kepada Allah SWT, dan malu berbuat tercela).

Kegiatan Sosialisasi PAUD HI dan Launching Sabtu Budaya yang dipusatkan di RA Bustanul Jannah Kecamatan Sumbawa ini berlangsung semarak, dengan berbagai penampilan dan atraksi kesenian daerah dari siswa-siswi TK/RA dan PAUD Se-Kecamatan Sumbawa. Kegiatan juga dirangkaikan dengan pembacaan dan penandatanganan pakta integritas Sabtu Budaya PAUD. Selain itu, Bunda PAUD juga berkesempatan melakukan pendampingan pemberian makanan tambahan (PMT) dalam kelas serta kunjungan lokasi taman sekolah sehat dan UKS.

Sebelumnya, Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa telah melaksanakan kegiatan sosialisasi PAUD HI dan Launching Sabtu Budaya PAUD di 5 Zona sejak tanggal 12 September sampai dengan 26 September 2022, yakni Zona 1 di Kecamatan Empang dan Tarano, Zona 2 di Kecamatan Plampang, Labangka dan Maronge, Zona 3 di Kecamatan Alas Barat, Alas, Buer, Utan dan Rhee, Zona 4 di Kecamatan Lunyuk, Orong Telu, Lenangguar dan Moyo Hulu, dan Zona 5 di Kecamatan Lape, Lopok, Lantung dan Ropang. Untuk Zona 6, terdiri dari Kecamatan Unter Iwes, Labuhan Badas, Sumbawa, Batulanteh, Moyo Hilir dan Moyo Utara yang dipusatkan di Kecamatan Sumbawa.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa bersama Bunda PAUD IGRA Kabupaten Sumbawa, Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa yang diwakili Kabid PAUD dan PNF, Camat Sumbawa, Camat Unter Iwes, Camat Labuhan Badas, Camat Moyo Hilir, Camat Moyo Utara dan Camat Batulanteh masing-masing beserta Bunda PAUD Kecamatan, Ketua Pokja PAUD Kabupaten Sumbawa, serta para Guru dan Siswa PAUD/RA se-Kecamatan Sumbawa.(msx*)

 

Komentar