Siswa SMPN 1 Sumbawa Kunjungi Bangunan Sejarah Kesultanan Sumbawa

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Siswa kelas VII dari SMP Negeri 1 Sumbawa Besar melakukan kunjungan ke bangunan bersejarah dari Kesultanan Sumbawa, pada Selasa (20/9). Sebelumnya, kegiatan serupa juga telah dilakukan oleh beberapa sekolah lainnya di Kabupaten Sumbawa.

Salah satu bangunan sejarah Sumbawa yang dikunjungi adalah gedung kontroler, yang saat ini dimanfaatkan sebagai Museum Daerah Sumbawa. Kepala SMPN 1 Sumbawa – Sri Ningsih sebelumnya telah bersurat ke pihak Museum, yang menerangkan terkait kunjungan tersebut.

Sebab, salah satu kegiatan wajib dalam Kurikulum Merdeka adalah pelaksanaan proyek penguatan profil Pelajar Pancasila (PS). Sehingga siswa dari kelas VII-1 sampai VII-8, berkesempatan mengunjungi Museum Daerah untuk belajar sejarah Kesultanan Sumbawa. Dimana masing-masing kelas diisi sebanyak 35 hingga 36 orang siswa. “Di SMP Negeri 1 Sumbawa Besar, proyek penguatan profil Pelajar Pancasila akan dilaksanakan dengan sistem blok dari tanggal 19 sampai 23 September 2022,” ungkap Sri dalam suratnya.

Sementara Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud Sumbawa – Sutan Syahril menjelaskan, pihaknya sedang menjalankan program heritage walk atau jelajah sejarah Kesultanan Sumbawa. Dengan adanya program ini, pihaknya berharap anak-anak bisa mengenal lebih dalam tentang sejarah kesultanan Sumbawa. Sehingga ke depan bisa menjadi bagian dari yang ikut melakukan pelestarian budaya. “Itu sebagai bagian dari upaya kami mengevaluasi apakah anak-anak bisa faham dan sudah mengenal sejarah kesultanan Sumbawa. Sekaligus juga untuk mengevaluasi apa yang sudah disampaikan pemandu kami,” terangnya.

Ia menegaskan, adanya program ini juga bagian dari implementasi penerapan kurikulum merdeka khusus bidang muatan lokal. Dimana sasaran program ini merupakan seluruh murid SD dan SMP di lingkup Kabupaten Sumbawa. Para siswa diajak berkunjung ke berbagai cagar budaya di Sumbawa. Mulai dari Istana Dalam Loka, Bala Datu Ranga, Bala Putih, Kontroler (Museum) dan Bala Kuning. Di setiap lokasi yang dikunjungi sudah disiapkan pemandu guna menjelaskan semua yang berkaitan dengan sejarah kesultanan Sumbawa. (msg)

Komentar