Siswa SD Kunjungi Bangunan Sejarah Kesultanan Sumbawa

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Puluhan siswa sekolah di Kabupaten Sumbawa melakukan kunjungan ke sejumlah bangunan bersejarah dari Kesultanan Sumbawa. Ini merupakan program yang sedang dijalankan Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa

Program heritage walk yang sebelumnya telah dilaunching oleh Bupati Sumbawa itu, mulai dilaksanakan khusus pelajar sekolah pada Sabtu (17/9). Pengunjung pertama adalah siswa SDN 2 Maronge yang datang bersama para guru dan komite sekolah. Ada juga kunjungan dari siswa dan guru SLB. “Ini adalah kunjungan pertama dan akan terus berlanjut. Sudah ada beberapa sekolah yang mengkonfirmasi kepada kami akan berkunjung,” kata Kabid Kebudayaan Dikbud Sumbawa – Sutan Syahril, kepada wartawan di Istana Dalam Loka.

Dengan adanya program ini, pihaknya berharap anak-anak bisa mengenal lebih dalam tentang sejarah kesultanan Sumbawa. Sehingga ke depan bisa menjadi bagian dari yang ikut melakukan pelestarian budaya. “Kami sudah siapkan form pertanyaan untuk anak-anak yang berkunjung. Itu sebagai bagian dari upaya kami mengevaluasi apakah anak-anak bisa faham dan sudah mengenal sejarah kesultanan Sumbawa. Sekaligus juga untuk mengevaluasi apa yang sudah disampaikan pemandu kami,” tukasnya.

Ia juga menjelaskan, adanya program ini juga bagian dari implementasi penerapan kurikulum merdeka khusus bidang muatan lokal. Dimana sasaran program ini merupakan seluruh murid SD dan SMP di lingkup Kabupaten Sumbawa. Para siswa diajak berkunjung ke berbagai cagar budaya di Sumbawa. Mulai dari Istana Dalam Loka, Bala Datu Ranga, Bala Putih, Museum dan Bala Kuning. Di setiap lokasi yang dikunjungi sudah disiapkan pemandu guna menjelaskan semua yang berkaitan dengan sejarah kesultanan Sumbawa. (msg)

Komentar