Sumbawa Kembali Dapat Penghargaan Terbaik Penurunan Stunting

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Kabupaten Sumbawa kembali mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat, terutama dalam upaya pencegahan stunting. Sehingga Sumbawa mendapat penghargaan, yang diterima langsung oleh Ketua TP2S Kabupaten Sumbawa – Hj. Dewi Noviany dalam kegiatan workshop dan pemberian penghargaan penilaian kinerja aksi konvergensi penurunan stunting.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2022 di Hotel Prime Plaza Sanur Denpasar, Bali. Pada kesempatan itu, Novy yang juga Wakil Bupati Sumbawa menyampaikan terima kasih kepada  seluruh pihak yang membantu pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Sumbawa. Sehingga Sumbawa bisa meraih predikat terbaik 1 se-Propinsi NTB.

Selanjutnya Hj. Novi sapaan akrabnya menyebutkan, Kabupaten Sumbawa dalam prevalensi stunting 2021berdasarkan hasil Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGBM) Kabupaten Sumbawa berhasil menurunkan stunting pada angka 8.39 persen sementara target Nasional dan juga target NTB di tahun 2024 stunting pada posisi 14 persen. “Untuk itu, berkat kerja ikhlas dan komitmen Pemerintah Daerah untuk sering melakukan penyuluhan bersama seluruh OPD terkait yang terlibat secara langsung, kita sampai pada capaian terbaik tahun ini,” tuturnya.

Selama workshop, semua pihak ditekankan untuk melakukan penguatan upaya konvergensi dengan melibatkan para pihak terkait, baik OPD, Kementerian Agama, Perguruan Tinggi, Kecamatan, Aparatur dan peran desa, Kader Pembangunan Manusia dalam setiap tahapan aksinya, mulai dari analisa situasi, rencana kegiatan, rembuk stunting, Perbup/Perwali tentang peran Desa, Kecamatan,  Kader Pembangunan Manusia, Manajemen Data, Pengukuran dan Publikasi serta review kinerja tahunan.

Menurut Wabup, generasi selanjutnya yang dilakukan daerah tergantung dari kebijakan yang diprogramkan dan hasilkan workshop tersebut. “Kegiatan kita ini guna mempersiapkan generasi yang berkualitas untuk melanjutkan apa yang kita pondasikan hari ini, Selain itu strategi  penting adalah adanya komitmen dan visi Pimpinan Daerah untuk berikhtiar menuntaskan stunting dengan kolaborasi semua pihak dan  best practise yang ada serta melalui kegiatan lintas sektor dalam inovasi Tuntun geras sumbawaku tuntaskan stunting menuju generasi sumbawa yang berkualitas menuju Sumbawa Gemilang yang berkeadaban,” pungkasnya. (ms/sp)

Komentar