Empat CJH Sumbawa Gagal ke Tanah Suci Akibat Meninggal dan Sakit

Nasional, Sumbawa259 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dari 180 orang kuota calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Sumbawa, sebanyak empat orang dikonfirmasi tidak melunasi biaya pemberangkatan ibadah haji pada musim haji yang ditutup tanggal 20 Mei lalu.

Menurut Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Sumbawa – Ardi Suzami, ada sejumlah alasan pembayaran biaya haji itu gagal dilakukan. “Ada 4 yang gagal. Dua orang karena meninggal dunia, satu orang sakit dan satu orangnya menunda keberangkatannya karena pasanganya tidak masuk dalam daftar quota haji tahun ini,” terang Ardi.

Terhadap jemaah yang gagal tersebut, Ardi menjelaskan untuk yang meninggal dunia dapat digantikan oleh ahli warisnya. Namun untuk opsi ini belum mulai proses pergantiannya.

Sementara untuk dua jemaah lainnya, kuotanya dikembalikan ke provinsi dan penggantinya disesuaikan dengan nomor urut calon jamaah haji.

Karenanya pengganti calon jemaah  haji tersebut  bisa  saja berasal  dari Kabupaten  Sumbawa  dan bisa juga berasal dari daerah lain dalam provinsi NTB. (msg)

Komentar