Dinas KUKMIndag Sumbawa Pastikan Makanan Aman dari Zat Berbahaya

Ekonomi, Sumbawa301 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangaan Kabupaten Sumbawa memastikan masyarakat akan mendapatkan bahan makanan pokok yang layak dikonsumsi dan bebas dari bahan zat kimia berbahaya, terutama menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Hal ini dipastikan berdasarkan hasil inspeksi yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Kita sudah melakukan pemantauan makanan melalui inspeksi khusus.

Hasilnya produk yang masuk ke pasar kita tidak masuk masa kadaluarsa dan dalam kondisi aman,” ungkap Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangaan Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Perdagangan, Iwan Setiawan S.P., M.Si, kepada wartawan Senin (25/4).

Diungkapkan Iwan-akrab Kabid Perdagangan disapa, inspeksi yang dilakukan tersebut bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mataram. “Dan ini berkerjasama dengan Balai POM Mataram.Kemudian dari kabupaten itu ada tim dari Dinas Kesehatan, dab Pengawas Perdagangan Diskoprindag,” tambahnya.

Pengecekan langsung yang dilakukan, jelas Iwan, terutama pada makanan siap saji yang memiliki tanggal produksi dan masa edar kadaluarsa. Salah satunya seperti makanan kaleng dan kemasan lainnya. “Hasil pantauan kita dinyatakan aman. Bahkan pantauan juga dilakukan pada makanan jadi atau takjil, dan tidak ditemukan kandungan bahan berbahaya. Yang digunakan masyarakat kita dipastikan aman, InsyaAllah,” terangnya.

Iwan menambahkan, inspeksi juga dilakukan ke gudang-gudang. Hal ini untuk memastikan makanan tidak tercampur, antara yang berbabau dengan bahan-bahan lain. Sehingga dapat aman dari sisi bakteri dan lain sebagainya. (msr)

Komentar