Dukung MXGP, ASN Sumbawa Gotong Royong di Lokasi Sirkuit

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany M.Pd menyampaikan, gotong royong di lokasi MXGP Samota yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Sumbawa merupakan bentuk dukungan terhadap event berskala internasional tersebut.

“Persiapan menyambut MXGP yang akan dilaksanakan 24 – 26 Juni mendatang, salah satuya support baik masyarakat, ASN, honorer, tenaga kontrak kita mendukung adanya MXGP yang dilaksanakan di Samota. Salah satunya dengan melakukan gotong royong di lokasi,” ujar Wabup didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri MM kepada wartawan, Senin (18/4).

Wabup menerangkan, gotong royong oleh ASN dilakukan lantaran tim yang akan mengerjakan proyek sirkuit MXGP meminta untuk lahan sudah siap hari minggu ini. Sehingga dari 17 hektar lahan jagung yang diperuntukan bagi sirkuit, 10 hektar diantaranya dapat dibersihkan menggunakan combine. Namun 7 hektar sisanya tidak bisa dijangkau, sehingga harus menggunakan tenaga manual.

Pemda Sumbawa lanjut Wabup, sebetulnya sudah berupaya mencari tenaga untuk disewa melakukan panen jagung di lokasi MXGP. Namun tenaga dimaksud susah didapatkan, lantaran hampir seluruh petani melakukan panen yang bersamaan. Kemudian muncul lah dukungan para ASN untuk melakukan gotong royong. “Karena kondisinya mendesak, jadi gotong royong di lokasi MXGP dilakukan. Kita juga dibantu oleh pengusaha jagung untuk mengambil jagung walaupun masa kadar air yang diminta itu 17 kadar air, tetapi ini karena masih di pohon dan lumayan tinggi kadar airnya mereka tetap mau. Ini merupakan bentuk pengusaha jagung ini mensuport gelaran MXGP Samota,” jelas Wabup.

Sementara Sekda Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri MM menambahkan, gotong royong yang dilakukan tidak hanya oleh ASN saja. Namun juga dibantu oleh jajaran TNI dan Polri. “Hadirnya ASN dan TNI, Polri ini menunjukan semangat kita bersama ingin gelaran MXGP ini berhasil. Karena kita ditetapkan sebagai tuan rumah, maka selayaknya bagaimana menyambut tamu. Sehingga semua ASN ini datang, termasuk dari kecamatan yang dekat dari sini juga turut hadir. Dengan catatan ada yang tetap di kantor untuk memberikan pelayanan,” katanya.

Haji Bas-akrab Sekda Sumbawa disapa mengajak masyarakat juga turut mendukung gelaran MXGP Samota ini, dengan mempromosikan melalui media sosial masing-masing. Sehingga dengan kesuksesan MXGP nantinya dapat mengharumkan nama NTB, khususunya Sumbawa di kancah dunia.

Selain itu tambah Sekda, ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan kepada semua pihak yang terlibat langsung dalam pelaksaan rotong royong pembersihan sisa panen jagung di lokasi MXGP Samota. “Kami berharap dengan adanya Event Internasional MXGP Samota ini, pemulihan ekonomi di Kabupaten Sumbawa dapat kembali normal,” pungkasnya. (msr)

Komentar