Pemda Sumbawa Minta Semua Pihak Bergerak Sukseskan MXGP

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa meminta kepada semua pihak untuk dapat mensukseskan pelaksanaan event Motocross Grand Prix (MXGP), yang dijadwalkan Juni mendatang. Hal tersebut terungkap adalam rapat sosialisasi yang digelar pada Kamis (7/4) di aula H Madilaoe ADT lantai III kantor Bupati Sumbawa.

Dalam pemaparannya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sumbawa – L Suharmaji menerangkan, berbagai persiapan telah dilakukan sejak akhir 2021, dalam mendukung kegiatan tersebut. Mulai dari membangun koordinasi dengan para pihak terkait, seperti FIM yang memiliki hak dalam pelaksanaan MotoGP, Pemprov NTB, hingga rencana penyiapan lokasi balap. ‘’Kita harap Sumbawa tetap menjadi tempat terbaik untuk pelaksanaan MXGP. Kita sudah menandatangani kontrak ini selama empat tahun. Momen empat tahun bisa terjadi apabila pelaksanaan diawal ini berhasil. Kalau tidak berhasil maka Kabupaten/Kota yang lain bisa mengambil alih,’’ terangnya.

Sementara Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah meminta semua pihak untuk bergerak dalam mendukung event internasional tersebut. Mengingat ini merupakan kesempatan baik yang harus diambil oleh Kabupaten Sumbawa. ‘’Ini suatu kesempatan yang baik, kita ditunjuk sebagai salah satu lokasi MXGP, pasti orang-orang akan datang, akan banyak yang kesini. Salah satu contoh kemarin waktu pelaksanaan MotoGP di Lombok Tengah, itu sangat penuh manusia yang datang kesana. Insyaa Allah ini (MXGP, red) juga diprediksi akan banyak sekali yang datang. Sehingga momen ini lah yang kita tangkap,’’ tukas Haji Mo – sapaan akrab Bupati.

Menurutnya, akan banyak hal positif yang didapat daerah dengan terlaksananya kegiatan tersebut. Seperti sektor ekonomi dengan UMKM yang akan bergerak. Dimana Pemda telah menyiapkan lokasi khusus untuk UMKM baik di lokasi balap, maupun di Pelabuhan Badas tempat menginapnya tamu di kapal pesiar. Selain itu, infrastruktur jalan juga akan dibenahi seperti yang ada di Penyaring dan beberapa lokasi lainnya. Termasuk sektor pariwisata dan pengusaha penginapan yang juga diyakini akan ikut terdongkrak dengan adanya event tersebut. ‘’Saya harapkan kepada para pengusaha, mari kita sama-sama menjaga nama baik Sumbawa. Kita tanamkan dasarnya dulu. Kalau kita bisa sukseskan sekarang ini, Insyaa Allah dalam empat tahun kedepan MXGP ini bisa kita adakan di Kabuapten Sumbawa lagi. Kalau ini berhasil, Kabupaten Sumbawa akan sangat dikenal diluar, dan ini juga bisa menjadi kesempatan baik bagi Kabuapten Sumbawa untuk lebih maju,’’ tandasnya.

Senada disampaikan Wakil Bupati Sumbawa – Dewi Noviany, yang ingin pelaksanaan MXGP Samota ini sukses. Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban wilayah. ‘’Yang tidak kalah penting, terselenggaranya MXGP ini bisa terlaksana dengan baik, aman, tertib. Tentu harus ada dukungan kita semua, sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing. Itulah yang kami harapkan, dengan pertemuan ini agar kita sama-sama saling mendukung MXGP ini berjalan lancar. Kita harap kesan tamu yang akan datang juga bisa senang, enak, ramah, sopan dan lainnya,’’ pungkasnya. (msg)

Komentar