Sarana Pendukung Pelaksanaan MXGP Mulai Disiapkan

Olahraga, Otomatif401 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Kabupaten Sumbawa ditetapkan sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan MXGP 2022 yaitu MXGP Seri 12 di Samota, yang dijadwalkan pada 24-26 Juni 2022. Bupati Sumbawa – H. Mahmud Abdullah bersama Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan MXGP, Rabu (2/3) di Aula H. Hasan Usman Lantai I Kantor Bupati Sumbawa.

Dalam arahannya, Bupati Sumbawa menyampaikan agar mempersiapkan suatu lokasi tempat menginap (glamping area) bagi para tamu. Di lokasi tersebut, juga perlu dipersiapkan atraksi-atraksi seperti menunggang kuda maupun atraksi lainnya. “Hal semacam ini memang biasa bagi kita, tetapi tamu dari luar sangat senang dengan hal-hal semacam ini. Jadi ini juga perlu kita pikirkan, ada atraksi-atraksi kecil yang mungkin bagi kita biasa tetapi bagi meraka itu sangat luar biasa, sehingga ada perbedaan penyelenggaraan dengan tempat yang lain,” ujar Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati meminta dinas terkait untuk segera mengambil langkah menyelesaikan persoalan air bersih. “Masalah air bersih ini sangat penting, harus segera ada jalan keluarnya,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Sumbawa menyampaikan beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar penyelenggaran MXGP bejalan tertib, lancar dan berkesan. Menurutnya, yang menjadi poin utama dalam pelaksanaan MXGP adalah penerangan jalan umum, air, listrik dan internet. Selain itu juga akomodasi yang berbasis CHSE (Clean, Healty, Safety. Environment). “Pemerintah Daerah perlu mengantisipasi  ketersediaan akomodasi melalui inventarisir potensi-potensi rumah penduduk yang dapat digunakan sebagai tempat penginapan. Selain itu, destinasi wisata kuliner dan atraksi budaya juga perlu menjadi alternatif kunjungan wisatawan,” tutur Wabup.

Terkait konektivitas sarpras transportasi dengan manajemen rekayasa lalu lintas, Wabup mengatakan perlu adanya rekayasa lalu lintas dan  penataan lingkungan dengan penanaman pohon agar segara dilaksanakan. “Yang paling penting juga tetap mematuhi protokol kesehatan dan semua kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan MXGP perlu disosialisasikan melalui media sosial,” tandasnya.

Dikesempatan itu juga, Pimpinan OPD memaparkan kesiapan untuk mendukung pelaksanaan MXGP di Kabupaten Sumbawa, yakni terkait ketersediaan akomodasi, transportasi, penyiapan infrasruktur dasar, logistik barang dan event pendukung. (msg)

Komentar