Sambut MXGP, Sumbawa Siap Sediakan Pangan Aman

Sumbawa223 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nasional mengadakan penilaian terhadap pangan aman bagi seluruh daerah di Indonesia dalam tahun 2022. Termasuk Kabupaten Sumbawa yang sudah mendapat penilaian, dan dinyatakan aman dengan nilai 75. Sehingga Sumbawa sudah siap dalam menyambut gelaran internasional Motocross Grand Prix (MXGP) yang dijadwalkan Juni mendatang.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pangan Sumbawa – Irin Wahyu Indarni kepada media ini, Rabu (2/2) di ruang kerjanya. Kegiatan ini terlaksana sejak awal hingga akhir Januari lalu. Ini dilakukan secara mandiri oleh seluruh OPD, dengan mengisi tools di diaplikasi yang tersedia. ‘’Sebenarnya penilaian ini sampai pertengahan Januari, tapi ada perpanjangan hingga akhir Januari. Makanya kemarin ada pertemuan di ruang rapat Sekda terkait kegiatan ini, dan dipimpin langsung oleh Pak Sekda,’’ ujarnya.

Diungkapkan, tujuan kegiatan ini untuk mendorong Pemerintah Daerah untuk mempersiapkan dokumen pengawasan keamanan pangan dengan baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan. Kemudian mendorong Pemerintah Daerah melaksanakan kegiatan secara effektif dan efisien. Selanjutnya mendorong Pemerintah Daerah berinovasi dalam pelaksanaan rencana pembangunan dalam lingkup keamanan pangan. Serta memberikan pendampingan bagi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan keamanan pangan yang baik. ‘’Jadi itu semua harus dilengkapi dengan bukti berupa dokumen administrasi, foto dan lainnya. Terus dimasukkan kedalam aplikasi yang disediakan. Jadi disana kita bisa melihat nilai kita sendiri,’’ tuturnya.

Lebih jauh dijelaskan, banyak OPD turut dalam penilaian ini, baik Dinas Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bappeda, Dinaskominfotiksan, Diskoperindag, hingga Satgas Covid Kabupaten. ‘’Nillai kita itu 75, dan itu sudah bagus. Kalau dari seluruhnya sih 100, karena memang cuma disini tidak ada kejadian luar biasa dalam waktu dekat ini. Cuma pernah ada tahun 2018 yang ditangani Dikes, dan itu dimasukkan ke dalam aplikasi,’’ terangnya.

Pihaknya berharap pangan yang beredar di Kabupaten Sumbawa dalam keadaan aman. Baik pangan olahan, pangan tumbuhan, hewan dan ikan yang segar. Apalagi dalam waktu dekat Sumbawa menjadi salah satu lokasi pelaksanaan MXGP, sehingga harus bisa menyediakan pangan aman. ‘’Harus kita yakinkan tamu bahwa pangan di Kabupaten Sumbawa itu aman. Jadi tamu-tamu tidak takut dan tidak khawatir untuk memakan makanan lokal produk Sumbawa,’’ pungkasnya. (msg)

Komentar