Sumbawa Miliki Ratusan Jabatan Kepala Sekolah Lowong

Pendidikan250 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Ternyata, terdapat ratusan sekolah di Kabupaten Sumbawa baik jenjang SD maupun SMP, yang hingga kini belum memiliki Kepala Sekolah (Kepsek) definitif. Lowongnya jabatan Kepsek sudah cukup lama, sehingga sudah seharusnya segera diisi.

‘’Data untuk Kepala Sekolah yang lowong itu lebih dari 100 sekolah, untuk SD dan SMP,’’ terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa – M Ikhsan Safitri kepada media ini, Rabu (29/12).

Diungkapkan, lowongnya jabatan Kepsek ini lantaran cukup banyak yang sudah pensiun. Selain itu, ada pula yang lulus sebagai calon pengawas. Sehingga kekosongan tersebut menjadi menumpuk. ‘’Karena ada Kepala Sekolah yang lulus sebagai calon pengawas, ada 46 orang. Sedangkan yang lowong karena pensiun juga banyak. Jadi menumpuk ini banyak. Sehingga jadinya ada 100 lebih Kepala Sekolah yang lowong,’’ tutur Doktor Chan – sapaan akrabnya.

Meski belum ada kepastian kapan jabatan Kepala Sekolah lowong ini diisi, namun Dinas Dikbud telah menyiapkan data dan format yang pas untuk pengisian jabatan dimaksud. ‘’Sekarang kita sedang menyiapkan konsepnya, penempatan-penempatannya. Saat Pimpinan nanti meminta, kita sudah siap. Penyiapan data ini juga untuk memudahkan bagi Pimpinan didalam mengambil keputusan. Yang jelas kita menyiapkan, untuk fixnya ya tergantung dari Pimpinan,’’ tegasnya.

Menurutnya, meski sejauh ini tidak ada kendala yang terjadi selama sekolah dipimpin Plt, namun pengisian jabatan Kepsek ini sangat penting. Mengingat Plt memiliki keterbatasan kewenang. Yang pada akhirnya kerjasama dengan pihak lain belum bisa dilakukan. ‘’Oleh karena itu kita berharap dalam waktu dekat mungkin bisa segera diisi. Supaya roda organisasi di sekolah juga bisa berjalan denagn baik. Sekarang ini banyak yang merangkap-merangkap (Guru jadi Plt Kepsek). Seperti di wilayah pulau merangkap, di pegunungan-pegunungan masih banyak yang merangkap,’’ pungkasnya. (msg)

Komentar