Bupati Tinjau Pengoperasian Mesin Produksi Oksigen

Sumbawa467 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Bupati Sumbawa – H. Mahmud Abdullah didampingi Sekretaris Daerah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Dikes, Direktur RSUD dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Sumbawa meninjau pengoperasian generator oksigen (mesin produksi oksigen) di RSUD Sering, Senin (27/9). Pengadaan generator oksigen ini merupakan hasil Kerjasama Operasional (KSO) pihak RSUD Sumbawa dengan PT. Indonusa Sahabat Mandiri, yang merupakan ekslusif distributor produk Novair Prancis untuk wilayah Indonesia.


Kapasitas produksi generator ini relatif besar mencapai 120 tabung per hari untuk tabung berukuran 6 meter kubik. Sehingga Bupati sangat mengapresiasi pengadaan generator oksigen ini dan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan oksigen di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa, termasuk Puskesmas di Kecamatan. ”Ini sangat bagus. Semoga bisa memenuhi kebutuhan oksigen di semua puskesmas,” tuturnya.


Menurut Niksan Purba, Direktur PT. Indonusa Sahabat Mandiri, selama 8 tahun KSO antara PT. Indonusa dengan RSUD Sumbawa, biaya service maintenance ditanggung oleh PT. Indonusa, dan setelah KSO berakhir, peralatan akan dihibahkan menjadi aset daerah.


Disampaikan Niksan bahwa purety output atau tingkat kemurnian oksigen yang dihasilkan generator oksigen merk Novair mencapai 99,5 persen dan merupakan yang terbaik di Indonesia. Hal ini menjamin pada saat oksigen digunakan untuk peralatan medis jenis apapun, transfernya tidak akan menimbulkan masalah.


Bahkan, lanjutnya, oksigen yang dihasilkan juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri kecil non medis, termasuk bisa mengcover kebutuhan oksigen di daerah-daerah lainnya di wilayah NTB, karena generator oksigen di RSUD Sumbawa ini merupakan yang pertama di Provinsi NTB. (hms/***)

Komentar