Dikes Optimis Pembangunan Dua Puskesmas Rampung Tepat Waktu

Sumbawa374 views

Sumbawa Besar – Mediasumbawa.com – Progres pembangunan Puskesmas Alas dan Tarano masih dibawah 25 persen. Namun demikian, Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa, optimis pembangunan rampung tepat waktu, sehingga dapat digunakan paling lambat awal tahun 2022 mendatang.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Dikes Sumbawa, A. Malik, kepada wartawan, Rabu (25/08/2021) di ruang kerjanya.

Malik menjelaskan, kondisi pembangunan dua unit Puskesmas tersbut masih dibawah 25 persen dikarenakan tidak adanya pencairan uang muka kepala pelaksana. Kemudian, pekerjaan yang saat ini dilakukan terbilang cukup berat yakni struktur bangunannya.

“Baru kita berikan uang muka ketika kemajuan fisik 25 persen dan keuangannya kita berikan 20 persen. Lusa  tanggal 26 saya memanggil kontraktor dan konsultas pengawas untuk mengevaluasi progres pengerjaannya sampai dengan 2 bulan kontrak ini,” jelasnya.

Menurutnya, jika strutur bangunan yang saat ini sedang dikerjakan rampung, makan persentasi pembangunan akan naik. Sebab, tahap selanjutnya tinggal pemasangan material pabrikasi. Seperti kusen, atap, plafon, hingga keramik.

”Semua tinggal dipasang, yang lama ini distruktur bangunan. Kita rencanakan 2 puskesmas ini sudah bisa dimanfaatkan. 1 januari 2022. Sehingga masyarakat bisa menikmati awal-awal tahun 2022 karena kontraknya sampai bulan Desember. Selesai,” ungkapnya.

Terhadap pembangunan dua Puskesmas ini, dirinya meminta agar masyarakat setempat turut memantau dan mengawasi prosesnya. Jika ada yang dianggap menyimpang, segara komunikasikan kepada Dinas Kesehatan.

‘’Saya mengarapkan kepada masyarakat untuk melihat dan mengawasi kondisi di lapangan. Apapun bentuknya harus dikomunikasikan kepada kita sebagai user kalau terjadi hal-hal yang dianggap menyimpang. Supaya saya sebagai PPK bisa menegur konsultas dan kontraktor,” pungkasnya. (MSA*)

Komentar