PKBI Sumbawa Gelar Muscab

Berita188 views

Sumbawa – mediasumbawa.com – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Sumbawa menyelenggarakan Musyawarah Cabang (Muscab). Terdapat dua agenda utama yaitu penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus periode sebelumnya serta pemilihan Ketua dan Sekretaris PKBI Cabang Sumbawa masa bhakti 2021-2025.

Kegiatan dihadiri oleh Pengurus, Relawan dan Staf PKBI Kabupaten Sumbawa serta pengurus dan pelaksana PKBI Provinsi Nusa Tenggara. Proses Muscab berlangsung dengan santai dan hikmat. Muscab dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretaris Daerah, Jumat (25/6) , mengangkat tema “Mewujudkan Organisasi PKBI yang Inovatif dan Mandiri dalam Mendukung Perencanaan Keluarga yang Sehat dan Bertanggung Jawab”.

Ketua Pembina PKBI Sumbawa, Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd. menyampaikan tujuan Musyawarah Cabang (Muscab) ini yaitu bertujuan untuk menjelaskan tentang visi dan misi PKBI dan mengenal lebih dekat PKBI dan diharapkan menjadi penerus relawan PKBI di masa yang akan datang.

Direktur Eksekutif PKBI Ntb Dayat Hidayat, menyampaikan filosofi dan sejarah PKBI. PKBI adalah lembaga swadaya masyarakat yang karakteristiknya milik masyarakat dan berunsur swadaya, berdiri 23 Desember 1957 di Jakarta, yang dibentuk dari para relawan yang peduli terhadap keselamatan Ibu dan anak. Atas dasar kematian ibu melahirkan dan bayi yang dilahirkan tinggi maka timbul pemikiran untuk mendirikan PKBI. Di PKBI itu tidak ada uang tapi perjuangan untuk ketidakberdayaan perempuan. Disampaikan juga bahwa sesuai dengan filosofi dan nilai-nilai PKBI maka PKBI percaya bahwa keluarga adalah pilar kesejahteraan hidup manusia. Dan PKBI menghargai semuanya dengan tidak membedakan agama, ras, suku bangsa, status sosial dan kedudukan setiap orang. Ia menekankan kepada para relawan bahwa kekuatan PKBI berada di sumber daya relawan yang akan diolah menjadi satu visi dan misi PKBI.

Ketua PKBI Cabang Sumbawa Ikraman, dalam laporan pertanggungjawaban selama masa bhakti, diantaranya PKBI Cabang Sumbawa telah memiliki 48 Kader yang tersebar di setiap Kecamatan Kabupaten Sumbawa dan telah menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) mengenai Pengelolaan Keuangan hingga proses pemilihan staf. Setelah penyampaian laporan pertanggungjawaban dilanjutkan dengan proses pemilihan Ketua dilakukan melalui voting yang berasaskan bebas dan rahasia, diikuti oleh seluruh peserta. Terpilih Bupati Sumbawa, Sekretaris Daerah serta terpilih kembali Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.PD sebagai Dewan Pembina. Ikraman, S.Pt dan Ibu Hj. Nur Atika, S.ST sebagai Ketua dan Sekretaris PKBI Cabang Sumbawa, sedangkan susunan kepengurusan selengkapnya disusun kemudian oleh Ketua dan Sekretaris terpilih.(Ms/SP)

Komentar