Dukung UKM Lokal, Toko Berjejaring Gelar Temu Bisnis

Ekonomi356 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com, – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini, mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, sebab selain memberi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, juga dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Pengembangan sektor UMKM tidak dapat dilakukan secara parsial, namun memerlukan pendekatan yang komprehensif dan simultan dari seluruh unsur.

Hal tersebut diatas, disampaikan Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, ketika membuka secara resmi kegiatan “Temu Bisnis” Strategi UMKM Bertahan Ditengah Pandemi Covid-19, sebagai tindak lanjut rencana kerjasama toko swalayan (Indomaret dan Alfamart), dalam mendukung perkembangan UKM dan IKM di Kabupaten Sumbawa.

Bupati Sumbawa mengapresiasi dan mendukung kegiatan Temu Bisnis ini, sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing UMKM, sehingga dapat bermitra dengan Indomaret maupun Alfamart, yang sudah sangat maju dalam manajemen usahanya.

“UMKM kita sebenarnya memiliki begitu banyak produk yang potensial, sebut saja seperti kopi, madu, permen susu, manjareal, masin, kerupuk atom, dan lain-lain, yang tentu saja harus terus kita bina agar semakin berkembang, baik dari aspek produksi maupun pemasarannya” sebut H. Mahmud Abdullah.

Bupati juga sangat berharap kepada manajemen Indomaret maupun Alfamart, agar gerai-gerainya yang tersebar di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Sumbawa, dapat menampung produk-produk lokal UMKM, hingga roda perekonomian masyarakat dapat berputar dengan baik.

“Adapun terkait standarisasi produk UMKM, saya minta agar pihak Indomaret maupun Alfamart dapat melakukan pembinaan, begitu juga OPD-OPD terkait lainnya, agar terus mendorong semangat inovasi dan kreativitas UMKM kita, sehingga memiliki nilai jual dan daya saing yang tinggi” pinta Bupati.

Kegiatan yang digelar dua hari (24-25 Juni)  di aula H. Madilaoe Adt Lantai III kantor Bupati Sumbawa, juga dirangkaikan dengan Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM, yang mengangkat tema Strategi UMKM bertahan ditengah Pandemi Covid-19.

Turut menghadiri, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum selaku Plt. Kadis Koperindag, Deputi Branch Manajer Wilayah NTB PT. Indomarco Prismatama, Pimpinan OPD terkait, dan para pelaku UKM & IKM se-Kabupaten Sumbawa.(MS/SP/***)

Komentar