Meningkat Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa401 views

Sumbawa Besar, Mediasubawa.com. Catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa berdasrkan release Gugus Tugas Covid-19 NTB, maupun laporan RS Manambai Abdulkadi dan RSUD Sumbawa bahwa sampai hari ini menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Jumlah pasien positif yang sembuh melebihi pasien yang masih dirawat. Sebanyak 24 orang telah dinyatakan sembuh dari Positif Covid-19 atau sekitar 61,54% dari total kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Drs. H. Didi Darsani, A.Pt selaku Juru Bicara GTPPC-19 Sumbawa saat melepas kepulangan 10 orang pasien positif yang dinyatakan sembuh kepada keluarga masing-masing di RSUD Sumbawa-Sering, pada Minggu siang (14/6/2020). Turut hadir pada kesempatan tersebut antara lain Kadis Kominfotik Sumbawa, yang mewakili Kapolres Sumbawa, Dandim Sumbawa, Kadis Sosial, Dirut RSUD Sumbawa, serta juga hadir Camat Buer dan jajaranya.

“Atas nama Bupati Sumbawa, kami sampaikan selamat kepada pada Saudara kami semua yang telah dinyatakan Sembuh oleh Tim Dokter dari Positif Covid-19, selamat berkumpul kembali dengan keluarga dan masyarakat dan tetap laksanakan protokol kesehatan antara lain selalu memakai masker, cuci tangan dengan sabun, mentaati social distancing dan sebagainya”, ujar Haji Didi.

Adapun 10 orang yang telah dinyatakan SEMBUH adalah Bapak IK (51 Th), Bapak S (20 Th), Bapak IS (49 Th), Saudara J (17 Th), Saudara MIA (16 Th), Ibu TW (45 Th), dan Ibu S  (41 Th) sebagaimana release GTPPC-19 Provinsi NTB tanggal 13 Juni 2020 serta Saudara MZ (19 Th), Saudara AA (21 Th) dan Bapak M (44 Th) yang direlease oleh GTPPC-19 Provinsi NTB tanggal 14 Juni 2020.

Selain itu juga, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa kembali menyampaikan perkembangan harian Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.

“Hari ini tercatat 52 penambahan kasus baru Covid-19 secara kumulatif yang dominan adalah pelaku perjalanan tanpa gejala, walaupun tidak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif baru, dan 10 orang yang sembuh sebagaimana disampaikan tadi, sehingga sampai hari ini telah tercatat 10.965 kasus Covid-19 di Kabupaten Sumbawa”, jelas Haji Didi.

Selanjutnya, Kadis Kesehatan menjelaskan bahwa sebanyak 9.400 adalah Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) atau bertambah 52 orang dari laporan sebelumnya, dimana 9.095 orang diantaranya telah selesai melaksanakan isolasi mandiri. Dan sisanya 305 orang masih menjalani isolasi mandiri.

Lebih lanjut, dikatakanya bahwa terdapat 940 Orang Tanpa Gejala (OTG) tetapi memiliki hubungan erat dengan kasus yang terkonfirmasi positif, atau tidak ada penambahan dari laporan sebelumnya. Dimana 881 OTG telah selesai menjalani isolasi mandiri, dan terdapat 59 OTG masih melaksanakan isolasi mandiri.

Sampai saat ini perkembangan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 489 orang, dimana 484 Orang ODP selesai pemantauan dan 5 Orang ODP masih dalam pemantauan. Sedangkan total kumulatif PDP dan Konfirmasi Positif COVID-19 sebanyak 136 orang atau tidak ada  penambahan kasus baru.

Sebanyak 97 Orang adalah dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). 54 Orang PDP dinyatakan sembuh (2 x swab negatif), 3 orang PDP meninggal dunia dan 40 orang masih dalam pengawasan di Rumah Sakit Provinsi NTB Manambai Abdulkadir, RSUD Kabupaten Sumbawa dan sebagian ditempatkan di Karantina Terpadu.

Dari 39 kumulatif Kasus Positif Covid-19, 1 orang meninggal dunia. Selain dari 24 orang yang telah dinyatakan SEMBUH, saat ini terdapat 14 Orang masih positif dan dirawat di Rumah Sakit yang terdiri 4 orang Kontak Erat dengan Klaster Gowa, 3 orang Klaster Magetan, dan 1 orang Nakes  kontak erat Positif Covid 19, saat ini dirawat di RS Manambai Abdulkadir Sumbawa. 3 Orang kluster Magetan dan 2 Orang Nakes kontak erat Positif Covid 19, saat ini dirawat di RSUD Sumbawa serta 1 Orang Nakes kontak erat Positif Covid 19, saat ini dirawat di RS Harapan Keluarga (RSHK) Mataram. (MS/ra) 

Komentar