Masih Dinamis, PDIP Buka Peluang Koalisi

Politik504 views

SUMBAWA BESAR, Media Sumbawa  

PDI-P yang meraih enam kursi dewan, masih menunggu dan menjajaki koalisi dengan partai politik lain untuk memenuhi syarat mengusung pasangan calon, minimal sembilan kursi. Dan diketahui, PDI-P bersama HM.Husni Djibril telah melamar ke penjaringan beberapa partai politik seperti, Partai Gerinda, Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Nasdem.

“Situasi masih dinamis, nanti kan akan kelihatan PDI-P dengan siapa akan berkoalisi. Karena kami juga masih menunggu rekomendasi dari DPP. Tapi yang kami lakukan adalah membuka pendaftaran dan kami juga mendaftar,” kata Abdul Rafiq, ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa, sekaligus Ketua DPRD Sumbawa, di ruang kerjanya Kamis (19/12).

Diugkapkan, sejauh ini PDI Perjuangan telah membuka penjaringan dan melakukan pendaftaran penjaringan yang dibuka partai lain. Agar syarat minimal Sembilan kursi untuk mengusung bakal calon bupati dan wakil bupati sumbawa dalam pilkada 2020 mendatang, terpenuhi.

“Karena bagaimanapun, dalam kondisi ini PDI-P tidak bisa mengusung sendiri. Karena kami Cuma 6 kursi, sementera syaratnya kan minimal 9 kursi. Artinya kami masih membutuhkan minimal 3 kursi untuk mengusung calon. Sehingga kami mendaftar ke partai lain seperti nasdem, gerindra, PKB, Golkar. Artinya keempat partai ini, pak HM.Husni Djibril dan PDIP, sangat membutuhkan koalisi dengan partai lain,” jelasnya.

Terkait pernyataan ketua DPC Partai Demokrat untuk berkoalisi dengna PDI Perjuangan, sangat diapresiasi. Namun PDI-P masih menunggu surat pernyataan resmi, sebagai bahan dan legalitas pendaftaran ke KPU.

“Dengan Demokrat kami sangat mesra, baik, hubungannya sampai hari ini. Dan ada statement dari ketua DPC Partai Demokrat bahwa akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan untuk mengusung bupati dan wakil bupati 2020. Itu kami apresiasi statemen itu. Tapi walaupun begitu, resminya masih kita tunggu. Bukan hanya sekedar lisan saja, karena yang diakomodir nanti oleh KPU kan rekomendasi partai tersebut. Artinya sekarang masih dinamis,” tegasnya. (MS/MU)

Komentar