oleh

UPT Museum Daerah Terima Kunjungan Peserta Jelajah Pusaka Sumbawa

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Peserta dari Sumbawa Heritage Walk atau Jelajah Pusaka Sumbawa mengunjungi UPT Museum Daerah Kabupaten Sumbawa, pada Minggu (19/6). Kedatangan mereka, diterima langsung Kepala UPT – Ivonie Septiyanti bersama jajarannya.

Saat tiba di Museum Daerah, para peserta Jelajah Pusaka Sumbawa  langsung diajak berkeliling melihat foto dan benda-benda bersejarah milik Kesultanan Sumbawa. Mereka juga mendapat penjelasan terkait bangunan gedung ysng dulunya merupakan Kantor Kontroler Pemerintah Hindia Belanda. Dimana beberapa bagian gedung masih mempertahankan keasliannya, seperti lantai, ventilasi, termasuk beberapa bagian dinding.  “Mereka lebih mempelajari terkait bangunan gedung yang bersejarah ini,” terang Ivonie kepada media ini usai kegiatan.

Menurutnya, para peserta yang sebagian besar mahasiswa yang berasal dari luar daerah ini, sangat senang saat berkunjung ke UPT Museum Daerah. Mereka jadi mengetahui sejarah Sumbawa, termasuk sejarah bangunan yang sempat juga digunakan sebagai Kantor DPRD Sumbawa.

Untuk diketahui, Sumbawa Heritage Walk atau Jelajah Pusaka Sumbawa merupakan program yang dijalankan oleh Yayasan Datu Ranga Abdul Madjid Daeng Matutu. Dimana yayasan tersebut juga saat ini telah mendirikan Museum Bala Datu Ranga, yang tujuannya untuk menyelamatkan sejarah Sumbawa.

Jelajah Pusaka Sumbawa telah memulai perjalanannya dengan mengunjungi lima bangunan bersejarah di Sumbawa, dimulai dari Bala Datu Ranga, Istana Dalam Loka, Istana Bala Putih, Istana Bala Kuning, serta Kantor Kontroler Pemerintah Hindia Belanda yang saat ini digunakan sebagai UPT Museum Daerah Kabupaten Sumbawa. (msg)

Baca Juga:  Trofi Putri Mandalika Kebudayaan 2021 Diraih Mahasiswi Asal Alas Sumbawa

Komentar

Berita Pilihan