oleh

Update Covid-19 Kabupaten Sumbawa Pasien Positif Covid-19 Bertambah 5 orang, Pasien Sembuh 2 orang

Sumbawa Besar, Media Sumbawa. Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa merilis bahwa pada tanggal 18 Mei 2020 mencatat sebanyak 8,704 adalah Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG), dan 8,346 orang diantaranya telah selesai melaksanakan isolasi mandiri. Dan sisanya 358 orang masih menjalani isolasi mandiri.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa yang juga bertindak selaku Kepala Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa Drs. H. Hasan Basri, MM, pada Senin siang (18/05/2020) di Ruang Rapat Sekda Sumbawa.

Selain itu terdapat 582 Orang Tanpa Gejala (OTG) tetapi memiliki hubungan erat dengan kasus yang terkonfirmasi positif, dimana 491 OTG telah selesai menjalani isolasi mandiri, dan masih terdapat 91 OTG masih melaksanakan isolasi mandiri.

Sampai saat ini Orang Dalam Pemantauan sebanyak 449 orang, dimana 445 Orang ODP selesai pemantauan dan 4 Orang ODP masih dalam pemantauan. Sedangkan Total kumulatif PDP dan Konfirmasi Positif COVID-19 sebanyak 82 orang.

Sebanyak 53 Orang adalah dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). 41 Orang PDP dinyatakan sembuh (2 x swab negatif), 1 orang PDP meninggal dunia dan 11 orang masih dalam pengawasan di RSMA, RSUD dan sebagian ditempatkan di Karantina Terpadu.

Dengan penambahan 5 orang yang positif Covid-19, maka total yang terkonfirmasi Positif Covid-19 adalah sebanyak 29 orang dengan rincian  1  orang meninggal dunia, 10  orang sudah dinyatakan sembuh dan 18 orang masih positif dan masih dirawat di RS Bhayangkari Mataram, RSMA Sumbawa Besar dan RSUD Sumbawa.

Hingga saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa telah melaksanakan Rapid Tes dan Swab terhadap Kluster Gowa sebanyak 40 orang dengan hasil 15 orang reaktif. Pemeriksaan Swab telah dilakukan dan terdapat 8 orang Positif Covid-19. Selanjutnya terhadap kontak erat telah semuanya dilakukan Rapid Test maupun Swab dengan tambahan 8 orang Positif COvid-19. Sedangkan terhadap Kluster Magetan, sebanyak 61 Santri telah dilakukan Rapit Test dengan hasil 20 santri reaktif. Terhadap kasus-kasus terkonfirmasi Positif Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa akan segera mendata dan sekaligus melakukan pemeriksaan terhadap kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi Positif Covis-19.

Baca Juga:  Kapolres Sumbawa Kerahkan Polsek Pantau Daerah Rawan Bencana

Dengan bertambahnya kasus terkonfirmasi Positif Covid-19, Bupati Sumbawa melalui Kepala Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa mengjharapkan kepada seluruh masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan namun tidak panic secara berlebihan. “Tidak memberika stigma negative terhadap Saudara kita yang ditetapkan sebagai PDP, ODP, OTF maupun PPTG yang pulang ke kampong halamannya, baik sebagai individu maupun keluarganya serta selalu memberikan dukungan moril kepada mereka untuk mengkarantinakan diri secara mandiri”, ujar Sekda Hasan Basri.

Mengakhiri releasenya, Sekda menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, benar-benar menerapkan arahan Pemerintah agar secepatnya dapat terbebas dari ancaman corona virus di Kabupaten Sumbawa. (MS/RA)

Komentar

Berita Pilihan