oleh

Tiga Bank Sampah di Sumbawa yang Aktif Beroperasi

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Terdapat belasan bank sampah yang sudah terbentuk di Kabupaten Sumbawa. Namun sejauh ini diketahui hanya tiga bank sampah saja yang aktif menjalankan kegiatannya.

Demikian diungkapkan Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa – Muhammad Fauzi, Rabu (16/6). Total bank sampah yang ada di Kabupaten Sumbawa berjumlah 12 unit. Namun hanya beberapa saja  yang aktif beroperasi, seperti bank sampah di Nijang Kecamatan Unter Iwes, di Labuhan Badas, dan Utan.

Dilanjutkan, kegiatan yang dilakukan ketiga bank sampah tersebut hampir sama, rata-rata mengubah sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis, melakukan pemilahan untuk sampah plastik dan lainnya. ‘’Ya cuma tiga saja yang lebih menonjol dalam melaksanakan kegiatan, lainnya tidak,’’ terangnya.

Pada tahun 2020 lalu, ada terbentuk satu bank sampah di Desa Sepakat, yang mendapat bantuan dari APBN. ‘’Kalau ini actionnya lebih besar, lebih optimal sarananya sampai pengomposan, semuanya dari APBN. Ada juga support mensin pencacah dari Provinsi untuk bank sampah lainnya,’’ tukasnya.

Terhadap keberadaan bank sampah tersebut, Ia mengaku kalau Dinas LH tetap memberikan pembinaan. Agar kegiatan yang dilaksanakan tetap bisa berjalan. Sambil mencoba kembali untuk membangkitkan bank sampah lainnya yang sudah mati suri. (msg/***)

Baca Juga:  Operasi Bina Kusuma Ciduk Dua Sejoli dalam Kamar Hotel

Komentar

Berita Pilihan