oleh

Tangani Sampah, DLH Siap Gandeng Kecamatan dan Desa

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa siap untuk membangun koordinasi dengan pihak Pemerintah Kecamatan dan Desa, terutama dalam hal penanganan sampah. Selain itu, upaya pembersihan disejumlah titik penumpukan sampah pun saat ini mulai dilakukan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas LH Sumbawa – Syafruddin Nur kepada wartawan Kamis (14/10). Dalam penanganan sampah, pihaknya akan melakukan pengelolaan mulai dari hulu sampai hilir. Artinya, penanganan mulai dilakukan dengan mengurangi sampah rumah tangga. Baru kemudian bagaimana proses pengelolaan dilakukan di tempat pembuangan sementara (TPS) atau bank sampah.

Terhadap sampah yang tidak diproses di TPS, lanjut Kadis, akan dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA). Pihaknya pun akan berupaya melakukan penanganan sampah secara terpadu. ‘’Kita harapkan penanganan sampah ini terintegrasi dengan sektor lain. Seperti contoh, dari sampah bisa kita buat kompos, makanan ternak, makanan ikan, sekaligus itu nanti untuk tanam sayur,’’ terangnya.

Pihaknya mengaku siap berkoordinasi dengan pihak Kecamatan dan Desa dalam hal penanganan sampah. Bahkan belum lama ini sudah dilakukan penyisiran titik-titik pembuangan sampah sembarangan di sepanjang jalan negara mulai dari Kecamatan Lopok hingga Tarano. Timbunan sampah yang ada di lokasi langsung dibersihkan Tim Siaga Sampah. ‘’Harapan kita semua pihak bergerak menangani persoalan sampah di Kabupaten Sumbawa. Karena ini bukan hanya tanggungjawab Kabupaten saja, tetapi juga Kecamatan, Desa bahkan seluruh masyarakat,’’ tuturnya.

Dinas LH juga bakal menyusun konsep dan strategi untuk melakukan penanganan sampah di lapangan. Tentunya dengan melibatkan pihak terkait lainnya. ‘’Kita berkoordinasi dengan Camat terkait pengelolaan sampah berbasis desa. Semuanya kita akan lihat secara keseluruhan untuk penanganan ini,’’ pungkasnya. (msg/***)

Baca Juga:  Realisasi Anggaran Penanganan Covid-19 di Sumbawa Capai Rp. 34 Miliar

Komentar

Berita Pilihan