oleh

Syamsul Fikri : Pansus Sangat Dibutuhkan

Sumbawa Besar, Media Sumbawa
Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Sumbawa – Syamsul Fikri menilai, pembentukan Panitia Khusus (Pansus) guna mengawasi penggunaan dana Covid-19 sangat dibutuhkan untuk saat ini. Agar semua mengetahui dana hasil refocusing yang dilakukan ini digunakan untuk apa saja terhadap penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.
‘’Pansus ini sangat dibutuhkan. Urgensinya berkaitan dengan dana refocusing,’’ tandasnya kepada media ini, Selasa (9/3), usai melaksanakan rapat dengan Anggota DPRD lainnya, terkait rencana pembentukan Pansus.
Anggaran untuk penanganan Covid-19 ini dinilai Fikri sangat besar, bahkan besarannya mencapai sekitar puluhan miliar rupiah. Sehingga penggunaannya harus mendapat pengawalan yang ketat. ‘’Saya kira masih banyak kondisi-kondisi lapangan yang apakah itu sudah sesuai dengan protap penanganan covid dan sebagainya, termasuk penggunaan anggarannya, ini yang akan dilihat,’’ ujarnya.
Menurut Fikri, anggaran yang ada sebaiknya dimaksimalkan untuk pembedayaan masyarakat petani, nelayan, pedagang dan lainnya. Karena ketika ekonomi masyarakat sudah terbantukan, maka beban hidup dinilai tidak terlalu berat. ‘’Asumsinya, eman-eman anggaran ini apabila peruntukannya tidak jelas. Lebih baik kita pemberdayaan masyarakat, sejahterakan masyarakat. Kalau saja masyarakat sejahtera, maka dia tidak akan berfikir panjang. Kalau seandainya masyarakat itu pendapatannya berkurang, maka dia akan berfikir (Untuk hidup). Itu yang membuat imunitas berkurang,’’ tukasnya.
Sebelumnya, Ketua DPRD – Abdul Rafiq juga mengungkapkan hal yang sama. Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa menelan anggaran yang cukup besar. Bahkan hasil refocusing pertama di awal pandemi jumlahnya mencapai Rp 110 miliar. Sehingga penggunaannya harus tepat sasaran dan harus bisa dipertanggungjawabkan. ‘’Angkanya kan besar sekali kita berikan kepada Pemerintah Daerah sebagai lembaga yang mengeksekusi anggaran itu. Tentunya kita harus mengawasi. Ketika ada yang tidak jelas kita perjelas, salah satu cara dengan membentuk Pansus,’’ pungkasnya. (msg)

Baca Juga:  Hadapi Covid-19, Husni-Ikhsan : Nilai Tertinggi Saat Ini Adalah Keselamatan Masyarakat

Komentar

Berita Pilihan