oleh

Sumbawa Peroleh Bantuan Benih Untuk Ratusan Ribu Hektar

SUMBAWA BESAR, Media Sumbawa

Untuk persiapan tanam di Musim Tanam (MT) 2019/2020, Kabupaten Sumbawa mendapatkan bantuan benih dari pusat untuk 171.800 hektar. Yakni bantuan benih jagung untuk 20.000 hektar, benih padi Inhibryd 135.156 hektar, dan bantuan benih padi lahan kering 16.800-an hektar.

“Untuk 2019 ini, kita dapat bantuan benih jagung untuk 20.000 hektar. Untuk penanaman desember 2019. Kita dapat juga dapat bantuan padi inhibryd 135.156 hektar padi lahan keringnya 16.800-an hektar,” kata Sirajuddin, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya, Rabu (12/11).

Sirajuddin, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sumbawa

Diungkapkan, untuk bantuan benih jagung, telah ditentukan yakni kualitas umum dua, dan kualitas umum tiga, dan tergantung dari ketersediaan benih. “Jagung kemarin ketentuannya harus adalah kualitas dua dan kualitas tiga. Kemarin yang kita lihat, kualitas umum dua itu adalah biosit. Ini sangat tergantung pada ketersediaan benih. Sedangkan umum tiganya adalah pertiwi sama asiana, itu kualitasnya,” jelasnya.

Ditegaskan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sumbawa berkomitmen untuk membenahi system pelaksanaan pembagian benih pusat. Bantuan tersebut akan segera dibagikan, sehingga dapat digunakan petani yang akan memulai proses tanam Desember mendatang.

“Intinya kita akan berjuang perbaiki palaksanaan 2019, kita sesuai CPCL yang ada. Dan segera disalurkan Desember,” tegasnya. (MS/MU)

Baca Juga:  Mulai Beroperasi di Sumbawa, Pemkab Apresiasi Bus Disabilitas NTB Gemilang

Komentar

Berita Pilihan