oleh

Sumbawa Butuh Tambahan 100 Ribu Dosis Vaksin

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemkab Sumbawa saat ini membutuhkan adanya penambahan sekitar 100 ribu dosis vaksin. Itu dilakukan untuk memenuhi target 70 persen vaksinasi pada akhir Desember 2021.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa – Junaedi, S.Si., A.Pt., M.Si mengatakan, target sasaran wajib vaksin di Sumbawa sebanyak 386.410. Dari jumlah itu, yang sudah mendapatkan vaksin dosis 1 sebanyak 207.239 atau sekitar 53,63 persen. Sedangkan  dosis 2 mencapai 23,85 persen. “Sampai Senin sore, dosis 1 sudah mencapai 53,63 persen dan dosis 2 mencapai 23,85 persen,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa  (23/11).

Diakui Jun, pihaknya akan terus mempercepat realisasi vaksinasi dosis pertama. Sambil mengejar cakupan vaksin dosis kedua. Sehingga selisihnya tidak terlalu jauh. Hanya saja untuk percepatan, pihaknya berharap distribusi vaksin tetap lancar. “Kendalanya sekarang ketersediaan vaksin yang tidak selalu ada,” terangnya.

Diungkapkan, pihaknya menargetkan realisasi vaksin dosis 1 minimal mencapai 70 persen hingga akhir desember mendatang. Tentunya, jika vaksin lancar maka bisa saja melebihi target tersebut. “Kita optimis bisa mencapai target tersebut,” ucapnya.

Terkait vaksin, diakuinya Pemkab Sumbawa sudah bersurat ke pemerintah provinsi untuk meminta tambahan 100 ribu dosis. Jumlah tersebut untuk mengejar 70 persen dosis 1 dan meningkatkan capaian dosis 2, sehingga selisihnya tidak terlalu jauh. “Kalau sekarang tidak tentu didistribusikan. Terakhir kita dapat 4.000 vaksin. Pernah juga kita dikirim 20 ribu lebih sekali kirim. Untuk mencapai 70 persen dosis 1, kita butuh sekitar 64 ribu dosis. Nanti ditambah dengan dosis kedua untuk mengejar supaya tidak terlalu besar selisihnya,” sebutnya.

Selain berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi, pihaknya juga mendapatkan bantuan dari beberapa pihak terkait vaksin. Untuk pelaksanaan vaksinasi di lapangan, di masing-masing kecamatan sudah ada satgas covid-19. Berkat kerja sama yang terjalin, proses vaksinasi berjalan lancar. Antusias masyarakat untuk vaksin juga sangat tinggi.

Baca Juga:  Penerimaan Pajak Penerangan Jalan Sumbawa 2021 Melebihi Target

Pihaknya berharap kepada semua pihak untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab, meskipun kasus covid-19 sudah membaik, perlu diantisipasi terjadinya gelombang ketiga. Semua pihak juga diimbau untuk mensukseskan kegiatan vaksinasi. Sehingga segera terbentuknya herd imunity. (msr)

Komentar

Berita Pilihan