oleh

Siswa SMPN 2 Labuhan Badas Lolos ke SMA Ragunan

Sumbawa Besar, (Media Sumbawa.com),- Salah seorang pelajar SMP Negeri 2 Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa – Yogi Febriansyah (16) dinyatakan lolos untuk sekolah SMA Ragunan. Nama Yogi tertera di pengumuman yang dikeluarkan Kemenpora RI pada 23 Desember 2020.
Di pengumuman yang di dikeluarkan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga – DR. Raden Isnanta M.Pd menyatakan hasil Seleksi Tahap Akhir penerimaan siswa baru SMP/SMA Raguan (Khusus Olahragawan) tahun 2020 itu tercantum nama anak keempat dari pasangan Syaifullah dan Juairiah ini di nomor urut 3 Cabang Olahraga (Cabor) atletik pada nomor Sprint.
Proses awal Yogi yang akan lolos ke SMA Ragunan ketika dilakukan tes identifikasi calon atletik untuk pelajar SMP se Kabupaten Sumbawa dari Kemempora RI pada 5 Oktober 2019. Dari 239 pelajar yang diseleksi langsung oleh Ketua tim dari Kemenpora, Suryo Agung (Mantan atlet atletik Indonesia, Red), hanya 22 pelajar yang dinyatakan berpotensi, termasuk Yogi. Namun, Yogi menempati peringkat pertama. Sejak saa titu, atas saran dari tim, Yogi harus terus melakukan latihan sampai capaian terbaik yang dipandu oleh pelatih. ‘’Yogi salah satu siswa kami yang lebih menonjol di bilang atletik. Kami selalu memberikan arahan teknis dan pola latihan yang dilakukan secara intens. Bagaimanapun juga kami tidak hanya sebagai pelatih, karena Yogi itu adalah murid kami, tentunya kami bertanggungjawab untuk keberhasilannya,’’ kata Iksan, guru olahraga SMPN 2 Labuhan Badas.
Saat adanya pengumuman yang disampaikan oleh Kemenpora RI akhir Desember 2020, menurut Ikhsan, tidak hanya Yogi yang mera sasenang. Semua guru, rekan dan yang pasti orang tuanya merasa bangga. ‘’Karenanya kami pihak guru bersama orang tua untuk sama-sama melakukan pembinaan guna keberhasilan Yogi,’’ tuturnya.
Yogi pun merasa senang dan bahagia hasil seleksi yang menyatakan dirinya lolos untuk melanjutkan sekolah di tempat yang menjadi incaran para calon atlet yakni di SMA Ragunan. ‘’Alhamdulillah. Senang dan bahagia. Teman-teman juga terus mensupport. Orang tua saya terharu sekaligus bahagia ketika mendengar informasi kalau saya bersekolah di SMA Ragunan,’’katanya.
Sementara itu, Ketua KONI Sumbawa – Syamsul Fikri menyampaikan apresiasi atas keberhasilan salah seorang pelajar asal Kabupaten Sumbawa lolos seleksi ke SMA Ragunan. Didampingi Sekretaris dan WakilKetua KONI, Tata Kostara dan Varian Bintoro, pihaknya berharap Yogi tetap bisa menjaga disiplin dan selalu mengukur prestasinya semaksimal mungkin. Syamsul yakin, bahwa Yogi juga akan memiliki prestasi lain selain atletik. ‘’Tidak menutup kemungkinan, bahwa Yogi nantinya juga akan memiliki talenta lain, tidak hanya di sprint,’’ yakinnya.
Atas prestasi itu dia berharap agar akan bermunculan calon atlet dari berbagai Cabor yang ada di Kabupaten Sumbawa. Penggemblengan bias dilakukan sejak SMP. ‘’Saya yakin, kedepan akan banyak calon atlet dari Kabupaten Sumbawa yang akan membawa nama daerah ini ke jenjang nasional atau internasional. Itu sudah dibuktikan oleh seniornya di cabang atletik, cabang bola voly pasir,’’ demikian Fikri. (msg)

Baca Juga:  Dilema Pendidikan Tinggi, Antara Harapan dan Kenyataan

Komentar

Berita Pilihan