oleh

Satu PDP dan 1 Positif Covid-19 Masih Dirawat di RSMA

Sumbawa Besar, Media Sumbawa,- Tangkal Covid-19, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa dalam release yang ditanda tangani oleh Kepala Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa pada hari Rabu tanggal 8 April 2020, Jumlah komulatif Orang Dalam Pemantauan (ODP) meningkat menjadi 230 orang dimana, pada laporan sebelumnya tercatat sebanyak 207 orang.

Dari 230 ODP, terdapat sebanyak 74 orang telah selesai menjalani karantina mandiri. Sedangkan sebanyak 156 ODP masih menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat sebanyak 6 orang, dimana 4 orang sudah dinyatakan negatif dengan 2 kali pemeriksaan swab di laboratorium dan sudah dipulangkan. Sedangkan 1 orang PDP dan 1 orang yang terkonfirmasi Positif Covid-19 masih dalam pengawasan dan perawatan di RSMA.

Terdapat 1 orang PDP dari luar Provinsi NTB yang dikeluarkan dari data PDP Kabupaten Sumbawa namun yang bersangkutan masih dalam pengawasan di RSMA. Hal ini sebagai koreksi terhadap laporan sebelumnya yang menyebutkan terdapat 7 orang PDP.

Pelacakan terhadap Kasus Positif 01 Sumbawa sudah dilaksanakan dan akan dilakukan pelacakan ulang terhadap orang yang kontak dengan Kasus Positif 01 Sumbawa untuk memastikan hasil Rapid Test pertama.

Mengamati perkembangan kedatangan masyarakat Sumbawa yang memilih pulang untuk tinggal bersama keluarganya, yang diperkirakan jumlahnya akan meningkat, Bupati Sumbawa melalui Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran bersama agar :

Menyampaikan laporan kedatangan orang terutama yang dari luar negeri atau wilayah lain di Indonesia terutama yang terkonfirmasi positif. Laporan disampaikan melalui aparat Desa/Kelurahan, Kecamatan untuk kemudian secara sadar melakukan karantina secara mandiri di rumah masing-masing.

Baca Juga:  Desa Padasuka Dietapkan sebagai Desa Santri

Menerapkan social distancing maupun physical distancing secara nyata dalam kehidupan sehari-hari dalam lingkungan keluarga maupun aktivitas di luar rumah.

Agar selalu berada di rumah saja, kecuali untuk alasan yang sangat penting dan mendesak.

Membiasakan diri untuk memakai masker apabila keluar rumah atau saat bertemu dengan orang lain.

Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Cuci Tangan Pake Sabun dengan Air Mengalir.

Membudayakan menjaga kebersihan lingkungan dan tempat tinggal, mengepel lantai dengan disinfektan, dan membersihkan peralatan yang sering dipakai atau bersentuhan dengan tangan. (ms/ra)

Komentar

Berita Pilihan