oleh

Samota Diakui Sebagai Cagar Biosfer Dunia

Mataram, mediasumbawa.com – Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany, S.Pd. M.Pd., pada Senin (15/11) menghadiri acara Welcome Dinner, yang dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat pengakuan SAMOTA, sebagai salah satu Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO dan MAB (Man and the Biosphere Program), di Hotel Lombok Astoria, Mataram.

Sejak tahun 2019 lalu, kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Tambora (SAMOTA), secara resmi telah diakui UNESCO sebagai salah satu jaringan Cagar Biosfer dunia.

Dengan sertifikat yang diterima Wakil Bupati Sumbawa ini, otomatis SAMOTA akan mendapatkan kucuran dana dari UNESCO dan Pemerintah Pusat, untuk keperluan pelestariannya.

Selain kucuran dana, hal ini juga menjadikan SAMOTA setara dengan daerah tujuan wisata internasional lainnya seperti, Gunung Rinjani, Candi Borobudur, ataupun Candi Prambanan.

Wakil Bupati berharap, ini menjadi motivasi semua pihak untuk melestarikan keanekaragaman hayatinya, mempromosikan, serta menyediakan model pembangunan kedepan, sebagai salah satu bentuk perwujudan Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban. (ms/sp)

Baca Juga:  Dinas LH Sumbawa Dukung Penertiban di Kawasan Hutan

Komentar

Berita Pilihan