oleh

Relawan TIK Diminta Berperan Aktif dalam Pandu Digital

Sumbawa Besar,Mediasumbawa.com – Bupati Sumbawa diwakili oleh Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Sumbawa Ir. H. Zulkifli menghadiri acara Pengukuhan Pengurus Cabang Relawan TIK Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu dan Kota Mataram yang dilaksanakan Kamis (25/02/2021) di Aula Madilaoe ADT Kantor Bupati Sumbawa dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Pada acara pengukuhan ini, langsung dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Relawan TIK Indonesia Fajar Eri Dianto yang sekaligus melakukan Deklarasi Relawan TIK dan Pengukuhan yang diikuti oleh Pengurus Cabang Relawan TIK Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Dompu serta Pengurus Cabang Relawan TIK Kota Mataram yang mengikuti secara dari melalui zoom meeting.

“Tugas utama kami adalah menjadi pendamping masyarakat, menjaminkan bahwa pemanfaatan teknologi aman, nyaman dan bermanfaat untuk masyarakat. Relawan TIK akan menjadi pioneer-pioner didaerah bahkan sampai ke pelosok,” ujar Fajar mengawali sambutannya.

Lebih lanjut, Ketum berharap para Relawan TIK selalu berkolaburasi dengan Pemda khususnya Dinas Kominfo setempat, bersinergi dan mengambil peran yang dapat dilakukan terutama menyangkut literasi digital. Lebih diutamakan lagi pada pembentukan Pandu Digital.

“Ada program nasional melalui Kementerian Kominfo yang dapat dilakukan adalah menciptakan 12 juta Pandu Digital di Indonesia. Untuk itu para Relawan TIK di Sumbawa, Dompu dan Mataram ambil peran dalam pembentukan dan pendampingan Pandu Digital di masyarakat,” paparnya.

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulis yang dibacakan Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Sumbawa menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan Pengurus Cabang Relawan TIK Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu dan Kota Mataram.

Disampaikannya, bahwa pemerintah tidak dapat berjalan sendirian dalam membangun Masyarakat Informasi Indonesia, dibutuhkan sebuah sinergi dan kolaborasi diantara para pemangku kepentingan baik pemerintah, pengusaha, akademisi, mahasiswa, penggiat tik dan beragam komunitas lainnya.

Baca Juga:  Bunda Niken Minta PKK Responsif Terhadap Permasalahan Masyarakat

“Inilah yang menjadi filosofi bagi Kementerian Komunikasi Dan Informatika menginisiasi terbentuknya organisasi Relawan TIK dari pusat sampai ke daerah”, ucapnya.

Relawan TIK ini dihajatkan untuk dapat berjalan beriringan dengan pemerintah, melakukan edukasi kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan TIK sebagai salah satu alat untuk dapat memberdayakan social, budaya, ekonomi dan pembangunan.

“Terlebih dimasa pandemi Covid-19 ini, keberadaan teknologi informasi khususnya internet dan penggunaan aplikasi digital menjelma sebagai salah satu instrumen pemungkin yang vital bagi aktivitas pemerintahan, dunia usaha dan masyarakat”, ungkap Bupati.

Bupati berharap agar keberadaan Relawan TIK di Kabupaten Sumbawa khususnya dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan juga pemerintah serta dapat memberikan sumbangsih terkait dengan upaya dan ikhtiar membangun kecerdasan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi informasi.

Selain memberikan edukasi tentang berbagai hal terkait dengan teknologi informasi, ke depan, Relawan TIK diharapkan turut berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam pengembangan e-government, pelayanan public, kreativitas masyarakat yang berbasis teknologi informasi.

Sehingga masyarakat bukan hanya paham tentang teknologi informasi, namun lebih jauh kita bersama dapat membawa masyarakat pada pemanfaatan teknologi secara positif, inovatif dan produktif.

“Dengan pemanfaataan TIK, melalui dukungan Relawan TIK dalam mengedukasi masyarakat, maka diharapkan geliat pembangunan maupun akselerasi pemerintahan di Kabupaten Sumbawa khususnya pada semua sektor kehidupan dapat lebih diketahui tidak hanya di Sumbawa saja, namun juga oleh masyarakat dibelahan bumi lainnya,” katanya. (MS/RA/*)

Komentar

Berita Pilihan