oleh

Puluhan Kelompok Baru Bakal Jalankan Program P2L

Sumbawa Besar, Media Sumbawa
Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Kabupaten Sumbawa terbilang cukup berhasil. Setelah terdapat sekitar 19 kelompok yang sudah berjalan dalam beberapa tahun terakhir. Kini ditahun 2021, terdapat puluhan kelompok baru yang terbentuk dan bakal menjalankan program dimaksud.
Kepala Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa – Syafruddin Nur kepada media ini mengungkapkan, ada sebanyak 42 kelompok baru yang bakal melaksanakan kegiatan P2L dalam tahun ini. Mereka nantinya ada yang mendapatkan bantuan anggaran dari pokir Anggota DPR RI Dapil Pulau Sumbawa, ada juga yang dari anggaran reguler dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. ‘’Itulah kira-kira anggaran yang kita dapat nanti, yang merupakan program pekarangan pangan lestari,’’ terangnya.
Pihaknya menekankan kepada seluruh kelompok baru tersebut untuk tekun melaksanakan kegiatannya nanti. Agar bisa berjalan berkesinambungan. Apalagi, manfaat dari program P2L ini juga sangat dirasakan bagi anggota kelompok itu sendiri. ‘’Harapan kita ini terus dikembangkan, dilaksanakan sebaik-baiknya. Ini menjadi kebutuhan masyarakat, bukan hanya karena ada program,’’ ujarnya.
Dalam menjalankan program ini, lanjut Syafruddin Nur, anggota kelompok bisa memanfaatkan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Dimana, ketika sudah dilakukan penanaman, maka nantinya pasti akan ada masa panen. Sehinga hal ini penting untuk pangan keluarga. ‘’Bayangkan harga cabai sekarang luar biasa. Dan juga daearh kita kenapa bisa ada stunting, karena hal-hal kecil ini. Kita kurang asupan sayur, protein hewani, nabati, itu salah satu penyebab, hal-hal kecil tapi sangat mempengaruhi kesehatan kita,’’ tukasnya.
Menurutnya, kegiatan P2L tidak hanya memberikan manfaat untuk konsumsi keluarga, tapi juga bisa membantu keuangan anggota kelompok. ‘’Harapan besarnya bagaimana mensejahterakan masyarakat, bagaimana meningkatkan ketahanan pangan, bagaimana memanfaatkan pekarangan, minimal untuk kebutuhan gizi keluarga, bisa juga fungsi sosialnya bagi masyarakat sekitar. Yang tidak kalah penting bisa menjadi sumber pendapatan yang baru,’’ pungkasnya. (msg/*)

Baca Juga:  Ayo Bersama Kita Terus Terapkan Protokol Kesehatan

Komentar

Berita Pilihan