oleh

Perkuat Layanan Telekomunikasi, BAKTI Kominfo Akan Bangun POI di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com- Upaya memberikan pelayanan terbaik dalam hal komunikasi kepada masyarakat, terus dilakukan. Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) akan memperkuat jaringan dengan membangun fokus titik strategis atau point of interest (POI) di Kabupaten Sumbawa.

Kadis Kominfotik Sumbawa Rachman Ansori, yang menerima kedatangan Tim Survey mitra BAKTI Kementerian Kominfo yaitu Fiberhome Jakarta, pada Jum’at siang (23/4/2021), mengemukakan, tim dari Fiberhome sebagai mitra kerjasama BAKTI Kominfo akan mensurvey titik lokasi pembangunan POI Poin of Interest di Kabupaten Sumbawa, setidaknya ada dua lokasi yang menjadi lokus pembangunan.

Untuk pembangunan POI urai Ansori, lokasinya harus berada dalam radius terdekat dengan STO (Sentra Telepon Otomat) yang telah dibangun baik oleh Program Palapa Ring maupun exiting operator.

‘’Kami telah berkoordinasi melalui telfon dengan pihak Telkom Sumbawa, tentang titik-titik STO yang berada di area padat penduduk, yaitu di STO Empang dan STO Sumbawa Besar,’’terang Anshori dengan menambahkan, Sentra Telepon Otomat (STO) merupakan kumpulan perangkat dalam sebuah fasilitas yang menyambungkan komunikasi telepon pelanggan dengan penyedia layanan telekomunikasi public.

Dalam pembangunan POI ini, BAKTI Kementerian Kominfo mengharapkan peran Pemda dalam hal penyediaan lahan bangunan seluas 4 are. Dan diutamakan adalah tanah milik pemerintah daerah sehingga akan lebih mempercepat pembangunannya.

“Nanti Pak Heri selaku Kasi SDTIK akan mendampingi Tim ke lapangan, serta akan mempersiapkan administrasi untuk dilaporkan kepada bapak Bupati Sumbawa maupun BAKTI Kementerian Kominfo,” kata Ansori.

Dengan pembangunan POI ini, Ansori berharap agar masyarakat lebih terjamin dalam melakukan komunikasi maupun transformasi data dengan koneksi broadband. (MS/RA**)

Baca Juga:  KPU Sumbawa membuka Posko Layanan DPS

Komentar

Berita Pilihan