oleh

Pendataan Keluarga 2021 Kabupaten Sumbawa Selesai Sesuai Target

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga  Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Sumbawa telah menyelesaikan Pendataan Penduduk (PK) Tahun 2021. Pendataan dilakukan oleh 644 kader KB dengan target 131.099 KK. 

Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa – Tri Karyati S.Sos mengatakan, selesainya PK 2021 sesuai dengan target yang diharapkan. “Pendataan Keluarga akan berakhir 31 Mei. Sementara mereka (Kader KB, red) sudah punya target yang kami bagikan, 1 kader paling sedikit 100 KK. Mereka ini pendataan sudah selesai, tapi yang masuk ke server pusat tidak sesuai dengan yang diinput,” ujar Kadis didampingi Kabid Pengendalian Penduduk, Advokasi dan Informasi – Anggraini S.AP.

Diungkapkan, dalam pendataan keluarga ini dapat dilakukan melalui dua cara. Pertama dengan sistem smartphone yang terkoneksi sambungan internet. Kedua, secara manual yaitu data diisi langsung di blanko. “Kendala satu minggu ini, data smartphone mereka hilang dari sistem itu. Bukan karena kesalahan kader, tetapi karena gangguan dari server pusat,” ungkapnya. 

“Nah cuman teman-teman sudah screenshot, apakah screenshot ini bisa menjadi bukti untuk pembayaran mereka ini yang harus kami komunikasikan terlebih dahulu. Kalau manual langsung fisik blanko tersebut. Keliatan fisiknya,” tambahnya. 

Nantinya kendala yang terjadi ini akan disampaikan kepada pihak pusat dan provinsi. Karena mereka berencana mengunjungi sumbawa dalam pekan ini. “Memang ada kunjungan dari pusat dan provinsi, nanti kita akan sampaikan keluhan ini. Semoga ada solusinya,” harapnya. 

Ditambahkan, pihaknya juga saaat ini masih menunggu petunjuk teknis terkait dengan insentif untuk Kader KB yang melakukan pendataan. Apakah pembayaran langsung ke rekening masing-masing atau melalui kabupaten. (msr/***)

Baca Juga:  Kabupaten Sumbawa Terima Ratusan APD dari BNPB

Komentar

Berita Pilihan