oleh

Penanganan DBD dan Rabies Perlu Anggaran Memadai

Sumbawa Besar, MediaSumbawa.com,- Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa – Abdul Rafiq SH megikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan Pemerintah Daerah, pada Selasa 30 Maret 2021. Dalam kesempatan tersebut, disampaikan sejumlah pokok-pokok pikiran Lembaga terhadap rencana kerja Pemda. Salah satunya yaitu mengenai Kesehatan.
Rafiq akrabnya disapa mengatakan, meskipun saat ini penanganan Covid-19 menjadi prioritas, namun jangan sampai mengkesampingkan penanganan penyakit menular lainnya. Yaitu seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) dan rabies. Dimana hingga saat ini masih ada korban akibat gigitan hewan penular rabies (HPR). “Sehubungan dengan kejadian luar biasa pandemi wabah Corona Virus Deseas (Covid) 2019. Pemerintah Daerah perlu memberikan Porsi Anggaran yang memadai untuk penanganan penyakit menular seperti Demam Berdarah, Rabies,” ujarnya.
Ditegaskannya, dalam hal ini dibutuhkan upaya terbaik dan cepat. Sehingga penyebarannya dapat dikendalikan. “Pemda dapat bekerja melalui langkah terpadu seluruh pihak dan mempersiapkan fasilitas kesehatan yang refresentatif dalam penanganan penyakit menular,” tambahnhya.
Pihaknya juga meminta agar Pemda segera menetapkan langkah-langkah strategis dalam rangka mendapatkan Anggaran dari Pusat untuk pembangunan lanjutan RSUD Kabupaten Sumbawa.
Disampaikan pula pemerintah perlu mempertimbangkan faktor determinan (nilai yang dapat dihitung) yang menjadi karakteristik dari masing-masing Desa dalam upaya pencegahan stunting, sehingga program pencegahan stunting dapat berjalan dengan maksimal. Membuka akses dan pendekatan pelayanan pendidikan secara merata terutama untuk daerah-daerah terpencil atau terisolir seperti wilayah pegunungan maupun wilayah kepulauan. Perhatian Pemerintah pada kesejahteraan tenaga Pendidikan dan Kesehatan secara khusus kepada tenaga Kontrak atau Pegawai Tidak Tetap. Program peningkatan kecintaan wisata berbasis budaya dan wisata edukatif dengan menggerakkan para siswa dari sekolah-sekolah di Kabupaten Sumbawa maupun promosi kepada siswa diluar Kabupaten Sumbawa, serta perhatian kepada Atlet dan prasarana olahraga pendukungnya harus diperjuangkan. Karena Semangat dalam berolahraga adalah salah satu solusi ditengah Pandemi serta Prestasi yang diraih dapat mengharumkan nama Kabupaten Sumbawa.
Rafiq mengungkapkan, pokok pikiran yang disampaikan DPRD Sumbawa terhadap rencana kerja Pemerintah Daerah Tahun 2022 ini meruapakan akumulasi dari berbagai sumber. Diantaranya dari tuntutan, harapan, dan kepentingan rakyat yang disampaikan melalui hasil reses yang dilakukan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD serta aspirasi yang berkembang di tingkat Komisi-Komisi Dewan sebagai representasi dari tugas dan fungsi DPRD sebagai lembaga legislasi, anggaran, dan lembaga kontrol yang mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan daerah. “Untuk menopang pembangunan di daerah kita agar lebih maju dan berkembang , DPRD Menekankan agar daerah memperluas sumber pendanaan. Selain bantuan Pusat dan Provinsi juga bersumber dari Swasta (CSR). DPRD Menekankan pada pembangunan berkelanjutan yakni mensinergikan antara Pilar Sosial Kemasyarakatan, Pilar Ekonomi, Pilar Lingkungan, Pilar Pembangunan Infrastruktur dan Pilar Pendidikan dan Kesehatan,” pungkasnya. (msr)

Baca Juga:  Kabupaten Sumbawa Terima Ratusan APD dari BNPB

Komentar

Berita Pilihan