oleh

Pemkab Sumbawa Ikuti Peluncuran SIMBG

Sumbawa, MediaSumbawa.com – Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian PUPR meluncurkan Sistem Informasi Managemen Bangunan Gedung (SIMBG). Melalui Video conference Bupati Sumbawa diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, L. Suharmaji Kertawijaya, ST., MT, bersama Staf Ahli Bupati serta Pimpinan OPD terkait mengikuti acara tersebut, Jumat (30/7) di ruang Rapat Sekda Sumbawa.

Berdasarkan PP No 16 Tahun 2021 Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) adalah sistem elektronik berbasis web yang digunakan untuk melaksanakan proses penyelenggaraan persetujuan bangunan gedung, sertifikat layak fungsi, surat bukti kepemilikan bangunan gedung, persetujuan rencana teknis pembongkaran dan pendataan bangunan gedung disertai dengan informasi terkait penyelenggaraan bangunan gedung.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir. Diana Kusumastuti, MT., menyampaikan Kementerian PUPR telah menyiapkan sistem elektronik pelayanan perizinan berbasis web yang diberi nama SIMBG. Untuk itu, Kedepan Pemprov dan Pemkab diharuskan menggunakan SIMBG dalam pelayanan perizinan bangunan gedung, sehingga setiap masyarakat dapat mengajukan persetujuan bangunan gedung dan sertifikat layak fungsi secara online.

Lebih lanjut, pemanfaatan SIMBG ini diproyeksikan dapat mendukung upaya, kemudahan-kemudahan, transparansi dan peningkatan pelayanan publik menjadi lebih baik. Untuk itu, SIMBG ini diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan, kemudahan berusaha, iklim investasi serta pada akhirnya akan mampu menjadi salah satu pondasi untuk menuju Indonesia Tumbuh dan Tangguh.(ms/sp***)

Baca Juga:  Seleksi Jabatan Lowong Dilakukan Bulan Ini

Komentar

Berita Pilihan