oleh

Pemerintah Pastikan Keamanan Pangan Komunitas Sekolah

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dalam rangka – Intervensi program sekolah dengan pangan jajanan anak usia sekolah (PJAS) aman, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Mataram bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa menggelar Sosialisasi Keamanan Pangan bagi Komunitas Sekolah Rabu pagi, (16/6/2021) di Sumbawa Grand Hotel.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa,H. Hasan Basri menyambut baik pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini untuk mewujudkan sekolah sehat, yang nantinya akan menghasilkan peserta didik yang sehat, dan tentunya akan bermuara pada kemajuan kabupaten sumbawa di masa yang akan datang.

“Terlebih saat, ini kita masih berada dalam situasi pandemi COVID-19, maka kegiatan ini saya pandang penting dan strategis dalam rangka memberikan pemahaman kepada komunitas sekolah terkait prinsip-prinsip keamanan pangan yang dapat diterapkan di sekolah guna mencegah penyebaran COVID-19,” ujarnya

Lebih lanjut, disampaikannya, pangan jajanan memegang peranan yang cukup penting dalam memberikan asupan energi dan zat gizi lain bagi anak-anak usia sekolah. Karena itu, konsumsi pangan jajanan anak sekolah perlu diperhatikan karena aktivitas anak yang tinggi. Konsumsi pangan jajanan anak sekolah diharapkan dapat memberikan kontribusi energi dan zat gizi lain yang berguna untuk pertumbuhan anak.

Dikatakannya,pola makan atau jajan yang sehat tentunya perlu didukung dengan ketersediaan akses terhadap makanan/jajanan yang aman, bersih dan bergizi. Karena itu, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan edukasi gizi maupun pelatihan kepada penjual atau pengelola kantin sekolah.

“Dengan menyediakan kantin yang sehat di sekolah-sekolah, anak-anak juga bisa lebih terbiasa dan gemar mengkonsumsi berbagai jajanan sehat yang diolah dan disajikan sendiri oleh pengelola kantin, tentunya dengan menggunakan bahan-bahan yang terjamin pula kebersihan dan kesehatannya.” imbuhnya

Baca Juga:  Labangka Menuju Kawasan Food Estate Terbaik di Indonesia

Ia berharap, kegiatan sosialisasi ini dapat menjadi momentum yang baik untuk menumbuhkan komitmen dan meningkatkan koordinasi secara sinergis dan kontinyu antara pemerintah daerah dan lintas sektor dalam meningkatkan keamanan pangan jajanan anak sekolah.

“Komunitas sekolah dapat memperoleh akses informasi keamanan pangan yang valid, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman komunitas sekolah terhadap keamanan pangan, dan pada akhirnya diharapkan dapat membentuk perilaku keamanan pangan yang baik,”ujarnya. (MS/sp/***)

Komentar

Berita Pilihan