oleh

Pemda Sumbawa Pasti Pulangkan Warga Jika Berada di Wuhan

SUMBAWA BESAR, Media Sumbawa
Bupati Sumbawa, HM.Husni Djibril menegaskan, Pemda Sumbawa pasti melulangkan warga kabupaten sumbawa, jika benar berada di Wuhan – Tiongkok. Namun saat ini, informasi keberadaan warga sumbawa di Wuhan belum jelas, sehingga Pemda Sumbawa belum mengambil tindakan.
“Pemda itu pasti memfasilitasi kesulitan masyarakatnya, baik yang ada didalam maupun diluar negeri. Kan sudah ada contohnya, kita pulangkan. Karena infonya langsung,” katanya, Jum`at (31/01).
Diungkapkan, Pemda Sumbawa memiliki dana cadangan untuk mengantisipasi kejadian luar biasa, termasuk dalam memulangkan warga dari luar daerah mapun luar negeri. “Kalau namanya siapa, alamatnya dimana, faktanya ada. Ya kita pulangkan dengan dana kita. Kabupaten kita siapkan untuk dana-dana cadangan begitu. Pasti adalah langkah yang akan kami ambil,” ucapnya.
Ditegaskan, Pemda berkewajiban untuk memfasilitasi setiap warga yang berada dalam situasi genting, tidak nyaman atau dalam ancaman. “Jadi jangan kemudian hanya ngomong, tapi tidak siap data fakta. Kalau jelas datanya, kita siap karena itu warga kita. Dimanapun berada kalau dalam keadaan genting, tidak nyaman, ancaman, wajib hukumnya untuk kita kembalikan,” katanya.
Dicontohkan, beberapa warga Kabuaten Sumbawa yang dipulangkan dari Provinsi Papua beberapa waktu lalu, merupakan bentuk tanggungjawab Pemda Sumbawa. “Kan saya sudah sampaikan. Agar kami segera diberikan data, yang mengirim itu siapa. Datang kepada saya langsung gitu lo. Nggak usah yang dari Tiongkok sana, orang yang dari papua saja, kita saling telepon. Begitu tanya data jelas, ketemu, kita saksikan pulang kembali. Itu pakek uang daerah,” jelasnya. (MS/MU)

Baca Juga:  Polres Sumbawa Kawal Kedatangan Vaksin Covid-19 

Komentar

Berita Pilihan