oleh

PAPPRI NTB Upayakan Bina Talenta Muda dan Angkat Musik Daerah

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – DPD Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Provinsi NTB tengah berupaya mengangkat kembali musik-musik daerah. Termasuk dengan melakukan pembinaan terhadap para talenta muda.

“PAPPRI ingin mengangkat musisi dan musik daerah. Karena banyak anak muda, atau talenta muda kita yang memiliki potensi. Sehingga PAPPRI ingin memfasilitasi melalui DPCnya,” ungkap Ketua PAPPRI NTB – Hj. Maskahyangan didampingi Ketua DPC PAPPRI Kabupaten Sumbawa, Muhammad Irfan Rabu, (22/12) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa.

Diterangkannya, salah satu upaya yang akan dilakukan yaitu memberikan kompetensi kepada musisi, penyanyi dan pemusik di masing-masing Kabupaten/Kota di NTB. Direncanakan uji kompetensi tersebut dilakukan 5 hingga 6 Maret 2022, sebelum Hari Musik Nasional yang dipusatkan di Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

“Tanggal 8 sampai 10 Maret Hari Musik Nasional yang akan menggaungkan lagu daerah. Karena NTN sebagai tuan rumah, maka tanggal 5 dan 6 kita memberikan kompetensi musisi penyanyi dan pemusik di satu daerah 6 orang. Sehingga dengan kompetensi itu bisa membina anak-anak muda yang ingin menjadi musisi, yang punya talenta dalam bernyanyi akan difasilitasi PAPPRI,” terangnya.

Diakuinya, kegiatan seperti ini sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. Namun tertunda karena adanya pandemi Covid-19. “Kita memberikan suatu ijazah kompeten kepada 2 musisi, 2 pemusik dan 2 penyanyi di masing masing daerah. Kompeten ini dipergunakan untuk membina yang lain-lain,” tandasnya.

Diungkapkannya, saat ini dalam kegiatan daerah diharapkan dapat membawakan lagu daerah 60 persen kemudian  baru dilanjutkan lagu-lagu lainnya. Dalam hal ini, Karya Cipta Indonesia (KCI) sedang perjuangkan hak-hak dari musisi, terutama musisi lokal daripada daerah mereka masing-masing. “PAPPRI akan memfasilitasi memberikan sedikit manfaat kepada musisi agar supaya yang kita harapkan musisi daerah yang mengangkat lagu daerah yang akan dibawa ke nasional melalui seleksi yang ada di DPD PAPPRI. Itulah kiat-kiat yang akan kita lakukan. Satu tahun ini kita fokus membentuk DPC Kabupaten/Kota,  agar supaya kita melihat musisi daerah itu dengan cipta-ciptaannya. Itulah tugas PAPPRI sebenarnya,” pungkasnya. (msr)

Baca Juga:  Mohamad Ansori Resmi Jabat Ketua DPC Gerindra Sumbawa

Komentar

Berita Pilihan