oleh

Organisasi Kepariwisataan Bantu Pemda Bangkitkan Pariwisata Sumbawa

Sumbawa, mediasumbawa.com,- Keberadaan asosiasi pariwisata dinilai penting dalam upaya membangkitkan pariwisata Sumbawa. Pemerintah daerah Sumbawa melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) terus mendorong hadirnya ragam organisasi pariwisata sebagai mitra strategis pemerintah. Selain organisasi pariwisata yang telah terbentuk.

Menurut Sekretaris Dispopar Kabupaten Sumbawa Muhammad Irfan, rencananya tahun ini menyusul pembentukan Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbawa setelah mendapatkan sinyal dari Badan Pengurus Daerah (BPD PHRI) NTB.  

 “Tahun ini diberikan sinyal oleh BPD PHRI NTB tahun 2021 bisa membentuk cabang di Sumbawa. Dan secara simultan kita rencanakan juga untuk Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD). Sehingga kerja-kerja sektor pariwisata ini banyak mitra untuk mengembangkan pariwisata Sumbawa,” ungkapnya sebagaimana hasil koordinasinya dengan BPD PHRI NTB di Mataram belum lama ini.

Kata dia, dengan terbentuknya PHRI di Sumbawa, maka ada banyak hal yang bisa disinergikan dengan Dinas Pariwisata.  Sebagai contoh penyelenggaraan event-event. ‘’ Penyelenggaraan event   tentu nanti akan bekerjasama dengan asosiasi terkait. Entah PHRI, ASITA dan sebagainya. Banyak sekali dampak positif dengan terbentuknya asosiasi ini,’’terang Efun akrabnya Sekdis Dispopar Sumbawa ini.

Pembentukan asosiasi tersebut menurutnya, murni atas dasar komitmen pegiat dan pelaku wisata di Kabupaten Sumbawa. “ Kita Dispopar hanya memfasilitasi. Kami tidak bisa berjalan sendiri harus ada mitra strategis sebagaimana diamanatkan UU 10 2019 tentang kepariwisataan, bahwa di daerah harus terbentuk yang namanya Badan Promosi Pariwisata Daerah. BPPD  ini diambil dari pengurus  atau ketua dari HPI, ASITA, PHRI dan asosiasi lainnya yang bergerak di sektor pariwisata. Bisa dibentuk BPPD dan disahkan bupati,” terangnya dengan menambahkan, Untuk sementara, organisasi pariwisata yang sudah terbentuk di Kabupaten Sumbawa yakni Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan Asosiasi Travel Agent (ASITA) 71.(MS/OT/*)

Baca Juga:  28.760 Vial Vaksin Tiba di NTB, Gubernur dan Forkopimda Direncanakan Divaksin 14 Januari

Komentar

Berita Pilihan