oleh

OPD Diminta Bersinergi Atasi Persoalan Pertanian Sumbawa

SUMBAWA BESAR, Media Sumbawa

Ketua Komisi II DPRD Sumbawa, Berlian Rayes meminta Organiasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaen agar bersinergi untuk mengatasi dan mengantisipasi berbagai persoalan. Misalnya, untuk mengantisipasi dan mengatasi kekeringan, musti bersinergi antara Dinas Pertanian dan Perkebunan dengan Dinas Pekerjaan Umum.

“Yang harus dibenahi kedepan, jangan sampai jalan sendiri-sendiri. Dinas Pertanian dengan Dinas PU yang membidangi pengairan. Jadi harus ada koordinasi antar pihak, karena masalah tanam ini kan bukan hanya melulu urusan pertanian, tapi urusan pengairannya yang disitu ada Dinas PU. Apakah masyarakat mau nanam ada tidak airnya, mencukupi tidak. Jadual tanam juga itu musti diperhatikan, jangan sampai kemudian tanaman tidak bisa dipanen,” katanya, belum lama ini.

Selain itu, khusus Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa juga diminta untuk melakukan koordinasi secara intensif dengan Komisi II DPRD Sumbawa. Untuk mengkonsultasikan program dan kegiatan yang telah, sedang dan akan dilakukan.

“Yang menjadi catatan kami juga agar ada komunikasi dan harmoni antara dinas pertanian dan komisi II. Jadi kita harus tahu apa permasalahan, apa program yang akan dilaksanakan oleh dinas pertanian kabupaten maupun provinsi,” tegasnya.

Sebab, Komisi II DPRD Sumbawa, cukup banyak menerima keluha dan masukan masyarakat terkait pertanian. “Sebab keluhan masyarkat itu kan ke kita. Kan ujung-ujungnya masyarakat sebagai penerima manfaat atau dampak dari sebuah program,” ucapnya. (MS/MU)

Baca Juga:  Inilah Tahapan Pilkada Sumbawa

Komentar

Berita Pilihan