oleh

‘Merdeka Ekspor’, Sumbawa Kirim Komoditi Unggulan

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com-  Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu lumbung komoditi ekspor di Indonesia ikut mengambil bagian pada kegiatan ekspor bertajuk “Merdeka Ekspor”. Beberapa komoditi eskpor unggulan asal Sumbawa seperti jagung, madu, sarang burung walet, bawang merah, hingga porang dan kopi diberangkatkan melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Acara Pelepasan yang digelar oleh kementerian Pertanian ini, diikuti secara virtual oleh Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah bersama para Asisten, Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sumbawa Besar, dan jajarannya beserta Kepala OPD terkait, Sabtu pagi (14/08/2021).

Sebanyak 627,4 juta ton komoditi pertanian dengan nilai Rp277,95 triliun dilepas Presiden RI Joko Widodo secara serentak menuju 61 negara melalui 17 titik pengeluaran yang berada di beberapa wilayah di Indonesia.

Presiden Jokowi mengatakan, Merdeka Ekspor ini merupakan momentum apresiasi kepada para petani, peternak dan pekebun di seluruh Indonesia yang telah menjadi garda terdepan pada pemenuhan pangan masyarakat, serta telah mendukung pemerintah dalam meningkatkan nilai ekspor pertanian meski di tengah pandemi Covid 19.

Melalui ekspor ini, Presiden berharap dapat mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional, serta meningkatkan nilai tambah lapangan kerja dan investasi sektor riil serta industrialisasi.

Program merdeka ekspor komoditas pertanian ini merupakan bagian dari momentum memperingati Hari Kemerdekaan Ke-75 RI. (MS/SP***)

Baca Juga:  Bangun Industrialisasi, Masyarakat Didorong Manfaatkan Fasilitas STIPark

Komentar

Berita Pilihan