oleh

LLK Sumbawa Masih Tunggu Hasil Uji Kompetensi Peserta Tahun 2020

Sumbawa Besar, Media Sumbawa.com,- Pada tahun 2020 lalu, UPTD Loka Latihan Kerja (LLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbawa telah melakukan uji kompetensi terhadap ratusan peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahun 2020. Hingga kini, pihak LLK Sumbawa masih menunggu hasil ujikom dimaksud dari Badan Nasional Sertifikat Pelatihan (BNPS).
Hal itu diungkapkan Plt. Kepala LLK Sumbawa – M Yakub kepada wartawan Senin (11/1) di ruang kerjanya. Diungkapkan, uji kompetensi ini baru pertama kali dilaksanakan LLK Sumbawa. Dalam kegiatan tersebut, pihaknya mendatangkan langsung penguji dari BNPS.
Lebih jauh dijelaskan, sebanyak 192 peserta pelatihan tahun 2020 ikut dalam uji kompetensi dimaksud. Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama dua hari, pada bulan Desember lalu. ‘’Paket kegiatan kita di 2020 itu sekitar 12 paket kegiatan. Jumlah siswa sekitar 192 peserta pelatihan. Dari jumlah itu, pada Desember 2020 kemarin kita mengadakan uji kompetensi terhadap hasil pelatihan yang diterima selama pelatihan,’’ terangnya.
Menurutnya, selama pelatihan berlangsung pihaknya selalu menekankan kepada para peserta untuk serius mengikuti pelatihan. Karena setelah itu, akan dilakukan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat nasional. ‘’Kalau mereka lulus mendapatkan sertifikasi nasional, bisa kerja dimana saja. Hasilnya belum ada konfirmasi kembali berapa yang lulus. Itu yang masih kita tunggu. Nanti ada pemberitahuan, dikirim sertifikatnya apabila ada yang lulus,’’ demikian Yakub. (msg)

Baca Juga:  14 Ribu Petani Miskin Tersentuh KRABAT

Komentar

Berita Pilihan