oleh

LLK Sumbawa Buka Pendaftaran Perserta PBK Tahun 2022

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – UPTD Loka Latihan Kerja (LLK) Disnakertrans Kabupaten Sumbawa kembali membuka pendaftaran bagi ratusan peserta yang ingin mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahun 2022. Sebanyak tujuh paket yang akan dipelatihankan, dengan total 112 peserta.

Demikian diungkapkan Plt Kepala LLK Sumbawa – Muhammad Yakub kepada media ini, Selasa (11/1). Untuk pendaftaran dibuka pada 10 hingga 22 Januari, seleksi tulis dan wawancara dilaksanakan pada 24-16 Januari, pengumuman hasil seleksi pada 28 Januari, daftar ulang bagi yang lulus seleksi dilaksanakan pada 2 hingga 4 Februari, dan pelaksanaan pelatihan pada 7 Februari 2022.

Lebih jauh diungkapkan, adapun tujuh kejuruan yang dipelatihankan yakni Processing Hasil Pertanian (PHP), menjahit, operator komputer, desain grafis, instalasi listrik, las listrik, dan teknisi sepeda motor. Masing-masing paket kejuruan diisi sebanyak 16 peserta. ‘’Memang ada pengurangan paket dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Karena sekarang ada refocusing dari Pemerintah Pusat, jadi memang dikurangi semua paket pelatihan diseluruh Indonesia,’’ terangnya.

Dalam pelatihan itu nantinya, lanjut Yakub, sekaligus dilaksanakan uji kompetensi bagi para peserta. Pada kegiatan tersebut, LLK Sumbawa menggandeng Badan Nasional Sertifikasi Pelatihan (BNSP), yang memiliki wewenang mengeluarkan sertifikat nasional. ‘’Setelah mengikuti pelatihan, akan ada uji kompetensi. Karena memang pelatihan itu harus mendapatkan sertifikasi BNSP. Sertifikat ini penting, karena berlaku nasional, dan akan mudah mendapatkan pekerjaan di daerah manapun,’’ pungkasnya. (msg)

Baca Juga:  Dinilai Berhasil, Warga Tujuh Desa di Kecamatan Lopok Siap Menangkan Husni Iksan

Komentar

Berita Pilihan