oleh

Lima Desa di Sumbawa Dapat Penghargaan Desa Pangan Aman

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Sebanyak lima Desa di Kabupaten Sumbawa mendapat penghargaan “Desa Pangan Aman” dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hal itu meupakan salah satu bukti, kalau pangan yang beredar di daerah ini tergolong aman.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pangan Sumbawa – Irin Wahyu Indarni kepada media ini, Senin (21/2). Adapun lima Desa yang mendapatkan penghargaan tersebut yakni Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir, Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara, Desa Mama Kecamatan Lopok, Desa Dalam Kecamatan Alas, dan Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu. ‘’Yang nilai ini BPOM NTB. Dan penghargaan itu sudah diserahkan saat HUT Kabupaten Sumbawa lalu,’’ terangnya.

Menurutnya, meski sudah mendapat penghargaan dan memegang sertifikat pangan aman, namun Desa-desa tersebut tetap harus mendapat pengawasan dari seluruh OPD terkait, baik itu Dinas Pangan dan Dinas Pertanian untuk pangan tumbuhan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk pangan daging, serta Dinas Kelautan dan Perikanan untuk pangan jenis ikan. ‘’Ini harus terus kita awasi dari seluruh OPD terkait. Termasuk Desa-desa yang lainnya juga,’’ tukasnya.

Pihaknya berharap pangan yang beredar di Kabupaten Sumbawa selalu dalam keadaan aman. Baik pangan olahan, pangan tumbuhan, hewan dan ikan yang segar. Apalagi dalam waktu dekat Sumbawa menjadi salah satu lokasi pelaksanaan MXGP, sehingga harus bisa menyediakan pangan aman. (msg)

Baca Juga:  Lulus PPPK, Ratusan Guru Terima SK

Komentar

Berita Pilihan