oleh

Lahan Pohon Minyak Kayu Putih Terbakar

Sumbawa Besar, Media Sumbawa.com,-Kebakaran lahan kembali terjadi. Kali ini melahap lahan Pohon Minyak Kayu Putih yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Sumbawa. Tepatnya di jalan Lintas Sumbawa Bima Km. 06, disamping Gudang Jagung milik PT. CRA Wil. Kec. Moyo Hilir, Selasa 25/08/2020.

Tim Siaga Karhutla jajaran Kompi 1 Yon B Pelopor dibawah pimpinan Danki 1 Yon B Por Iptu Nurdin, S.AP bergerak cepat menuju lokasi, sebelum api menjalar semakin luas.

“Sesaat setelah kami menerima laporan dari warga yang melintas, tim siaga Karhutla langsung menuju ke lokasi” tandas Ndan Deo, sapaan akrab Danki 1/B Por.

Kebakaran tersebut terjadi disaat musim kemarau panjang yang sekarang sedang melanda sebagian besar wilayah Sumbawa.

“Selain daru tim Siaga Karhutla Kompi Brimob Sumbawa, penanganan karhutla ini juga turut turun dari Satdamkar Kab. Sumbawa dan AWC dari Satsabhara Polres Sumbawa dibawah pimpinan langsung Kasat Sabhara Iptu Mulyadi, SH” ungkap beliau.

Dikarenakan tanggapnya tim, maka kebakaran dapat diatasi 2 jam kemudian, dan mencegah meluasnya area yang terdampak kebakaran.

Berdasarkan informasi sementara yang dihimpun oleh Tim Intelmob Brimob Sumbawa, kebakaran ini terjadi akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, yang sengaja membakar lahan untuk membuka lahan bercocok tanam jagung.

Terkait hal itu,  dalam tiap kali Patroli Siaga Karhutla yang dilaksanakan rutin oleh Tim Siaga Karhutla Kompi Sumbawa, sudah sering kali berdialogis dengan warga masyarakat untuk melarang membuka lahan dengan cara membakar lahan dan semak-semak. Larangan tersebut sebagai antisipasi munculnya kasus kebakaran di saat musim kemarau sekarang.

“Karna sudah kesekian kalinya hal ini terjadi, kami akan kembali berkoordinasi dengan jajaran pemerintah setempat, baik tingkat Desa, Kecamatan dan Daerah untuk bersama-sama turun tangan dalam menyikapi persoalan pembukaan lahan ini” tegas Iptu Nurdin, S.AP saat dikonfirmasi setelah penanganan kebakaran tersebut.(MS/Ar)

Baca Juga:  3.761 Dosis Vaksin Covid-19 Untuk Sumbawa

Komentar

Berita Pilihan