oleh

Ketua DPRD Sumbawa Ajak Masyarakat Tingkatkan Disiplin Prokes

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq, SH., mengajak masyarakat untuk meningkatkan disiplin penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Menurutnya, jika berbicara Covid-19, tentu berbicara SOP yang telah ditetapkan dan dijalankan oleh Pemerintah. Namun yang menjadi permasalahannya kata dia, apakah SOP tersebut sudah dijalankan dengan baik oleh masyarakat atau belum.

“Tidak ada cara lain, vaksin sudah dilakukan, tinggal masyarakatnya sekarang kita nilai, sudah taat atau belum sama intruksi pemerintah. Karena kita lihat masih banyak yang tidak menggunakan masker. Apalagi kita suru cuci tangan, masker saja tidak mau digunakan. Ini wilayah yang bisa kita monitor, apalagi yang tidak bisa dimonitor,” ujarnya.  

Diterangkannya, ini menjadi tugas bersama, baik DPRD, Gugus Tugas Kabupaten, Kecamatan hingga Desa agar lebih mengintensifkan sosialisasi terhadap masyarakat hingga ke tingkat bawah.

“Ini PR kami tugas kita semua, bagaimana memberi pemahaman kepada masyarakat. Sekarang di Desa sudah terbentuk gugus tugas Covid juga, anggaran juga besar sampe ratusan juta per Desa. Pertanyaannya sudah dilaksanakan atau belum. Ini yang menjadi evaluasi kita, jadi tidak perlu ada sepanduk daerah ini taat akan covid, tidak ada artinya kelau kesadaraan masyarakatnya tidak ada,” pungkasnya.

Untuk dikatahui, berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat, per tanggal 27 Mei 2021, jumlah kasus positig sebanyak 1.516, sembuh 1.341, meninggal dunia 91, dan masih positif sebanyak 84 orang. (msr)

Baca Juga:  Kabag Humas Setda Sumbawa Pamit Dari ASN

Komentar

Berita Pilihan