oleh

Ketua Dewan Apresiasi Pelaksanaan Lokakarya Keberagaman

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Badan Kesatuan Bangsa, Politik Dalam Negeri (Bankesbangpoldagri) Kabupaten Sumbawa pada Senin (13/12) menggelar Lokakarya Keberagaman dengan Tema Merajut Kebersamaan Menuju Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban. Hal ini pun mendapat penilaian positif dari Ketua DPRD Sumbawa – Abdul Rafiq.

‘’Saya memberikan apresiasi kepada Pemda dalam hal ini Kesbangpoldagri yang telah menginisiasi Lokakarya dengan Tema Merajut Kebersamaan Menuju Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban,’’ tuturnya kepada media ini, Selasa (14/12).

Menurutnya, kegiatan seperti ini harus didorong. Mengingat Kabupaten Sumbawa merupakan miniatur Indonesia, yang terdiri dari beberapa suku, agama, ras dan budaya. ‘’Inilah potensi yang sangat besar yang dimiliki Sumbawa. Tetapi kalau potensi ini tidak bisa kita jaga, maka bisa menjadi sesuatu yang berpeluang untuk menghancurkan sendi-sendi kehidupan kita. Karena suka tidak suka pasti ada gesekan-gesekan, pasti akan ada kecemburuan sosial yang terjadi di masing-masing lintas suku, agama, budaya dan ras ini,’’ tukasnya.

Dengan adanya lokakarya tersebut, kata Rafiq, maka bisa mempertemukan, menyatukan pemahaman dan persepsi semua pihak, untuk kemudian bisa mengambil langkah-langkah terbaik kedepannya, guna menjaga keberagaman tersebut. ‘’Kalau saya lihat sejauh ini keberagaman di Kabupaten Sumbawa masih terjaga. Tapi seterusnya kita tidak tahu seperti apa. Karena kalau bicara keberagaman, bukan hanya bicara hari ini, tapi juga kita bicara yang akan datang. Kondisinya berbeda. Sehingga yang sudah terjaga baik ini perlu dipertahankan,’’ tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesbangpoldagri Sumbawa – Irawan Subekti mengatakan, pihaknya rutin menggelar lokakarya dengan menghadirkan para tokoh lintas etnis, pengurus partai politik, rektor perguruan tinggi, para tokoh agama, tokoh masyarakat serta lainnya. Tujuannya agar keberagaman yang sudah terjalin dengan baik di Kabupaten Sumbawa ini dapat terus terjaga. (msg)

Baca Juga:  Bahas Omnibus Law, Gubernur NTB Gelar Musyawarah dengan Masyarakat

Komentar

Berita Pilihan