oleh

Ketersediaan Vaksin di Faskes Masih Terbatas

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Hingga saat ini, masih terjadi keterbatasan terhadap ketersediaan vaksin diseluruh fasilitas kesehatan (Faskes) yang ada di Kabupaten Sumbawa. Pemda Sumbawa terus membangun koordinasi dengan pihak terkait, agar vaksin bisa segera didatangkan ke Sumbawa.
Kepada wartawan, Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Sumbawa – Agung Riyadi mengungkapkan, saat ini vaksin hanya tersedia di Polres dan Kodim 1607 Sumbawa. Sehingga beberapa waktu lalu, dua instansi tersebut sempat menggelar vaksin bagi masyarakat. Sementara untuk di Puskesmas jumlahnya masih sangat terbatas. ‘’Sekarang masih terbatas kalau di Puskesmas,’’ terangnya, Kamis (19/8).
Terhadap kondisi ini, pihaknya mengaku Dikes Sumbawa tidak tinggal diam. Upaya mendatangkan vaksin ke Sumbawa terus dilakukan, seperti membangun komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait. Sehingga diperkirakan pada minggu ketiga Agustus ini, vaksin dari Biofarma Bandung akan tiba di Sumbawa.
Meski begitu, lanjut Agung, pihaknya masih belum mengetahui jumlah dosis vaksin yang akan diterima. Yang jelas, ketersediaan vaksin sangat diharapkan di Kabupaten Sumbawa. ‘’Sekarang baru sekitar 48 ribu atau 13 persen untuk dosis pertama. Dosis kedua baru sekitar 8,6 persen,’’ ungkapnya.
Sementara terhadap vaksin dosis ketiga moderna sebagai boster untuk tenaga kesehatan baru diberikan kepada 856 orang dari 3.082 orang jumlah tenaga kesehatan yang ada di Sumbawa. Pemberian dosis ketiga tersebut dilakukan secara bertahap hingga seluruh nakes mendapatkannya. (msg/***)

Baca Juga:  Isi Jabatan Lowong, Bupati Sumbawa Segera Bentuk Pansel

Komentar

Berita Pilihan