oleh

Kecamatan Lunyuk Mulai Kenalkan Wisata Surfing

Sumbawa Besar, Media Sumbawa
Potensi wisata di Kecamatan Lunyuk memang tidak ada habisnya. Bahkan saat ini wilayah setempat mulai mengenalkan wisata surfing kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa. Selain beberapa model pariwiata lainnya yang juga terus dibenahi.
Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kuang Dingin – Bulkiyah kepada wartawan mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pembenahan lokasi untuk wisata surfing, yang berlokasi di Pantai Kuang Dingin Dusun Sumber Sari Desa Perung. Tinggi ombak di pantai tersebut cukup menjanjikan untuk wisata surfing. ‘’Untuk surfing dari bulan Desember sampai April yang bagus. Ombaknya bisa sampai sekitar 18 meter,’’ terangnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kuang Dingin – Bulkiyah

Diungkapkan, saat ini sudah ada sebanyak 6 orang peselancar yang sudah mahir, mereka biasanya mengembangkan kemampuan di Pantai Liang Bage Desa Emang Lestari. Selain itu, ada juga 18 orang pemula yang sedang dalam tahap pelatihan di Pantai Kuang Dingin. Saat ini sudah berjalan sekitar empat bulan masa pelatihan. ‘’Pelatihnya saya sendiri yang mengajarkan teman-teman di Lunyuk itu. Perkembangan dari empat bulan latihan, sekarang sangat baik, animo masyarakat juga mulai banyak yang ingin mencoba surfing,’’ tuturnya.
Untuk alat surfing, tahap awal mereka membeli peralatan sendiri dengan uang pribadi. Namun setelah dua bulan berjalan, mereka mendapat bantuan papan surfing dari Dinas Pariwisata Provinsi sebanyak 5 unit. Sehingga total papan yang dimiliki sekarang sekitar 11 papan. ‘’Saat ini kami masih terbatas alat-alat surfingnya. Papan pro sekitar 6, dan soft top sekitar 5 papan, itu ada juga untuk anak kecil,’’ tukasnya.
Sementara Camat Lunyuk – Iwan Sofyan mengungkapkan, pihaknya mulai mengembangkan wisata surfing dibeberapa pantai yang ada di Kecamatan Lunyuk. Bahkan Pemerintah Provinsi NTB dan Kabuapten Sumbawa sudah memprogramkan untuk pelatihan surfing. ‘’Itu dipusatkan di Pantai Kuang Dingin Desa Perung Dusun Sumber Sari. Sedangkan bagi yang pro itu ada di Dusun Liang Bage,’’ pungkasnya. (msg/*)

Baca Juga:  Dekranasda NTB Dukung Eksistensi dan Pengembangan Kerajinan Tenun Ikat

Komentar

Berita Pilihan