oleh

Kades Diingatkan Kelola Keuangan Dengan Baik

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Seluruh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Sumbawa diingatkan untuk dapat melakukan pengelolaan keuangan desa dengan baik. Sehingga kedepannya tidak berimplikasi hukum. Untuk itu, para Kades diberikan pembinaan dan sosialisasi terkait pengelolaan keuangan desa.

Dalam kegiatan yang digelar pada Selasa (8/3) di aula kantor Inspektorat Sumbawa, Sekda – H Hasan Basri menyatakan, jabatan Kades merupakan amanah yang harus dijaga. Sehingga dalam memimpin, para Kades harus bisa bersikap adil. ‘’Tolong dilibatkan seluruh masyarakat untuk buat perencanaan yang bagus. Ini penekanan saya,’’ tukas Haji Bas – sapaan akrab Sekda.

Para Kades yang hadir, diminta serius mengikuti pembinaan dan sosialisasi tersebut. Agar mengerti dan paham dalam mengelola keuangan desa. Sehingga kedepan, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama yang berimplikasi hukum. ‘’Ada Kades yang sudah merencanakan kegiatan ditempat A, tapi ketika ada yang tidak mau karena berseberangan, maka dipindah ke tempat lain tanpa ada perencanaan. Ini yang tidak dibolehkan,’’ tegasnya.

Untuk itu, Sekda menekankan agar Kades dapat merencanakan setiap program dengan baik. Begitu pula dalam menyusun RAB suatu kegiatan. Bahkan dalam pelaksanaannya pun harus transparan, dengan menyediakan laporan keuangan dalam bentuk baliho, agar diketahui masyarakat. ‘’Rencana pelaksanaan harus jelas. Camat juga harus ingatkan ini, supaya tidak berurusan dengan APH. Yang namanya penyalahgunaan ini jangan sampai terjadi. Transparansi, harus buat baliho, kalau di desa ini ada dapat Dana Desa, cantumkan total dengan rincian penggunaan anggaran. Ini menjadi pemeriksaan BPK, salah satu syarat juga untuk kita dapat WTP,’’ tandasnya.

Sekda juga mengingatkan para Kades dan Camat untuk memperhatikan dan mendata kondisi masyarakat. Seperti contoh masalah kesehatan, karena masih ada masyarakat kurang mampu yang tidak masuk dalam program bantuan Pemerintah. Selain itu ada juga rumah rusak, air bersih dan lainnya yang juga perlu mendapat perhatian. (msg)

Baca Juga:  Sumbawa Ditunjuk Sebagai Lokasi Pelaksanaan LATSITARDANUS

Komentar

Berita Pilihan