oleh

Jelang MXGP, Bupati Minta Vaksinasi Segera Dituntaskan

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Menjelang perhelatan internasional MotoCross Grand Prix (MXGP) yang dijadwalkan pada Juni mendatang di kawasan Samota. Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah menggelar rapat bersama Forkopimda dan OPD terkait pada Selasa (22/2) di ruang H Hasan Usmab lantai I kantor Bupati Sumbawa.

Dalam kesempatan itu, Haji Mo – panggilan akrab Bupati meminta agar pelaksanaan vaksinasi dapat segera dituntaskan. Sebab,  even MXGP mensyaratkan capaian vaksinasi dosis 1 sebesar 100 persen, dosis 2 sebesar 70 persen, dan dosis 3 sebesar 70 persen.

Perwakilan Dinas Kesehatan Sumbawa menyebutkan, capaian vaksinasi di Kabupaten Sumbawa per 22 Februari 2022 berdasarkan data manual Dinas Kesehatan, untuk dosis 1 mencapai 90,86 persen, dosis 2 sebesar 66,21 persen, dosis 3 untuk tenaga kesehatan mencapai 95,24 persen dan dosis 3 untuk masyarakat umum sebesar 2,46 persen.  Capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun, dosis 1 sebesar 73,73 persen, dosis 2 sebesar 16,75 persen. Sedangkan untuk lansia, capaian dosis 1 sebesar 66,29 persen, dosis 2 sebesar 51,39 persen, dan dosis 3 sebesar 3,11 perse .

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sumbawa – Lalu Suharmaji Kertawijaya, yang juga Ketua Tim Kecil MXGP yang dibentuk Bupati dalam paparannya menjelaskan, penyelenggaraan MXGP secara teknis akan dilaksanakan oleh Even Organizer yang ditunjuk oleh Infront selaku prinsipal MXGP. Pemerintah Daerah dalam hal ini akan membantu penyiapan lahan tempat berlangsungnya even serta infrastruktur pendukungnya. ‘’Hasil pembicaraan terakhir antara Pemerintah Provinsi dengan Promotor MXGP telah diputuskan tempat penyelenggaraan even di lahan Bapak Ali BD di Kawasan Samota,’’ terangnya.

Selanjutnya dalam rangka penyediaan air minum/air bersih di lokasi MXGP, Asisten mengatakan, Perumdam Batulanteh telah bekerjasama dengan PT. Tiara Cipta Nirwana untuk penyediaan air minum/air bersih melalui teknologi SWRO untuk penyulingan air laut. Menurutnya, kerjasama dengan skema bisnis to bisnis kedua perusahaan telah mendapat pendampingan hukum dari Kejaksaaan Negeri Sumbawa.

Baca Juga:  Pemda Sumbawa Siapkan Reward Bagi Peraih Medali PON Papua

Lebih lanjut, Asisten menyebutkan, pada awal Februari ini telah dilakukan survey oleh Tim Promotor MXGP untuk persiapan logistik dan hospitality. Direncanakan pada akhir Februari atau awal Maret 2022, akan datang Tim untuk melakukan finalisasi rencana layout lokasi dan persiapan teknis lainnya. (MS/SP)

Komentar

Berita Pilihan