oleh

Jaringan 4G LTE Jangkau Daerah Terpencil Sumbawa

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com, -Kementerian Kominfo RI melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) kembali menurunkan programnya di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kali ini terkait dengan akses telekomunikasi di daerah terpencil dengan menaikkan kapasitas dari 2G ke jaringan broadband 4G LTE.

Demikian disampaikan oleh Kadis Kominfotik Sumbawa Rachman Ansori, selepas memfasilitasi kegiatan Pimpinan Daerah yang mengikuti Arahan Presiden RI Joko Widodo, melalui daring di Lobby Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (28/4/2021).

Menindaklanjuti harapan masyarakat di wilayah terpencil yang telah dibangun menara telekomunikasi oleh Telkomsel melalui Program Merah Putih pada 2017 lalu, Pemkab Sumbawa melalui Dinas Kominfotik telah menyurati kementerian untuk menaikkan kapasitas BTS dari jaringan 2G ke 4G.

“Alhamdulillah, Kementerian Kominfo melalui BAKTI mengabulkan permohonan masyarakat Baturotok, Sebeok dan Tepal untuk menaikkan jaringan menjadi 4G, sehingga masyarakat dapat berkomunikasi dengan akses internet,” urai Ansori.

Mitra BAKTI telah bekerja sejak awal April 2021 di lokasi tersebut, dan saat ini untuk Site Baturotok dan Site Tepal sudah aktif, dan masyarakat dapat memanfaatkan layanan jaringan internet di sana, sedangkan di Site Sebeok masih dalam proses penyelesaian. 

Lebih lanjut, Kadis Kominfotik mengatakan, Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah dan Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany menyampaikan harapan agar masyarakat selalu memanfaatkan akses internet dengan bijak, positif dan produktif, serta menghindari komunikasi yang dapat berbau sara, ujaran kebencian dan hoaks.

“InsyaAllah, kami akan terus berupaya melakukan pemerataan akses telekomunikasi di Kabupaten Sumbawa sebagaimana arahan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa,” ujar Ansori setelah melaporkan kondisi akses telekomunikasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa. (MS/RA/**)

Baca Juga:  Dukung Percepatan Pembangunan Wilayah Super Prioritas NTB, BAKTI Kemkominfo Rencanakan Pembangunan 19 BTS dan AI di Kabupaten Sumbawa

Komentar

Berita Pilihan